Bingung Pilih Jurusan? Ini 10 Jurusan Kuliah IPA yang Bisa Jadi Pertimbangan

Jum'at, 31 Desember 2021 - 14:09 WIB
loading...
Bingung Pilih Jurusan? Ini 10 Jurusan Kuliah IPA yang Bisa Jadi Pertimbangan
Jurusan kedokteran. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masuk dunia perkuliahan memang selalu jadi masa paling ditunggu bagi anak kelas 12 SMA. Apalagi untuk menentukan jika ingin mengambil jurusan kuliah anak IPA di tahun depan.

Lalu untuk mempersiapkan semuanya, maka mulai dari sekarang segala informasi mengenai jurusan kuliah bagi anak IPA perlu diserap sebanyak mungkin.

Baca juga: Ini Besaran Gaji Lulusan Teknik Kelautan yang Membuat Orang Tua Bangga

Bagi yang masih galau menentukan jurusan, berikut ini 10 jurusan kuliah untuk anak IPA beserta prospek kerjanya melansir dari laman gokampus.com.

1. Teknik Sipil
Jurusan kuliah yang pasti sudah tidak asing lagi bagi anak IPA yang pertama adalah jurusan Teknik Sipil .Biasanya sih jurusan Teknik Sipil terkenal dengan jurusan yang fokus ke “bangun-membangun” sebuah gedung? Benar gak sih?

Pemahaman ini tidak salah karena di jurusan Teknik Sipil nanti tidak hanya fokus untuk pembuatan bangunan saja tapi juga akan diajarkan tentang bagaimana caranya memilih dari segi material yang cocok, bahan-bahannya, mengatur sumber daya air, hingga merancang desain konstruksi.

Sebagai mahasiswa sarjana Teknik Sipil, biasanya juga akan diberikan tanggung jawab di bagian bangunan loh misalnya menjadi manajer konstruksi yang bertugas untuk mengawasi aktivitas dan kinerja dari seluruh orang yang terlibat. Jadi, jurusan Teknik Sipil ini akan cocok bagi yang suka dengan hal-hal yang fokus di bidang pembangunan.

2. Fakultas Kedokteran
Jurusan kuliah anak IPA yang kedua ini pastinya selalu tinggi peminatnya. Jurusan ini sudah jadi kebiasaan bagi para pelajar untuk mengincar fakultas kedokteran sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikannya.

Di fakultas Kedokteran ini kamu akan mempelajari tentang berbagai penyakit serta bagaimana cara-cara penyembuhan serta karakteristiknya. Pada dasarnya kamu akan belajar banyak dan mendalami ilmu-ilmu bagian tubuh manusia, jenis-jenis penyakit, serta pengobatannya.

Kalau kamu memilih melanjutkan pendidikan di Kedokteran, kamu bisa menjadi dokter umum, dokter anak, dokter kandungan, dokter gigi, dan masih banyak lagi. Diperlukan sertifikasi dulu sebelum menjadi dokter.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2102 seconds (10.101#12.26)