Bingung Pilih Jurusan? Ini 10 Jurusan Kuliah IPA yang Bisa Jadi Pertimbangan

Jum'at, 31 Desember 2021 - 14:09 WIB
loading...
Bingung Pilih Jurusan? Ini 10 Jurusan Kuliah IPA yang Bisa Jadi Pertimbangan
Jurusan kedokteran. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masuk dunia perkuliahan memang selalu jadi masa paling ditunggu bagi anak kelas 12 SMA. Apalagi untuk menentukan jika ingin mengambil jurusan kuliah anak IPA di tahun depan.

Lalu untuk mempersiapkan semuanya, maka mulai dari sekarang segala informasi mengenai jurusan kuliah bagi anak IPA perlu diserap sebanyak mungkin.



Bagi yang masih galau menentukan jurusan, berikut ini 10 jurusan kuliah untuk anak IPA beserta prospek kerjanya melansir dari laman gokampus.com.

1. Teknik Sipil
Jurusan kuliah yang pasti sudah tidak asing lagi bagi anak IPA yang pertama adalah jurusan Teknik Sipil .Biasanya sih jurusan Teknik Sipil terkenal dengan jurusan yang fokus ke “bangun-membangun” sebuah gedung? Benar gak sih?

Pemahaman ini tidak salah karena di jurusan Teknik Sipil nanti tidak hanya fokus untuk pembuatan bangunan saja tapi juga akan diajarkan tentang bagaimana caranya memilih dari segi material yang cocok, bahan-bahannya, mengatur sumber daya air, hingga merancang desain konstruksi.

Sebagai mahasiswa sarjana Teknik Sipil, biasanya juga akan diberikan tanggung jawab di bagian bangunan loh misalnya menjadi manajer konstruksi yang bertugas untuk mengawasi aktivitas dan kinerja dari seluruh orang yang terlibat. Jadi, jurusan Teknik Sipil ini akan cocok bagi yang suka dengan hal-hal yang fokus di bidang pembangunan.

2. Fakultas Kedokteran
Jurusan kuliah anak IPA yang kedua ini pastinya selalu tinggi peminatnya. Jurusan ini sudah jadi kebiasaan bagi para pelajar untuk mengincar fakultas kedokteran sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikannya.

Di fakultas Kedokteran ini kamu akan mempelajari tentang berbagai penyakit serta bagaimana cara-cara penyembuhan serta karakteristiknya. Pada dasarnya kamu akan belajar banyak dan mendalami ilmu-ilmu bagian tubuh manusia, jenis-jenis penyakit, serta pengobatannya.

Kalau kamu memilih melanjutkan pendidikan di Kedokteran, kamu bisa menjadi dokter umum, dokter anak, dokter kandungan, dokter gigi, dan masih banyak lagi. Diperlukan sertifikasi dulu sebelum menjadi dokter.

3. Jurusan Ilmu Gizi
Jurusan kuliah anak IPA yang ketiga ini adalah jurusan Ilmu Gizi, Ilmu Gizi juga merupakan salah satu jurusan kuliah anak IPA yang terkenal banget. Buat kamu yang mungkin memang suka banget dengan pelajaran kimia atau biologi, Ilmu Gizi bisa dibilang cocok buat kamu.

Ilmu Gizi mempelajari tentang keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan, serta kualitas tubuh manusia. Tidak hanya itu, Ilmu Gizi juga mempelajari soal ekonomi, sosial, hingga soal budaya.

Kalau kamu adalah lulusan dari mahasiswa Ilmu Gizi, pastinya kamu akan fokus bekerja di bidang ahli diet dan nutrisi atau hal-hal yang memang berhubungan dengan produksi makanan.

4. Jurusan Teknologi Pangan
Jurusan kuliah anak IPA selanjutnya juga merupakan jurusan yang cukup terkenal banget nih guys yaitu jurusan Teknologi Pangan. Teknologi Pangan merupakan jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan harus memastikan bahwa makanan yang diproduksi itu aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi yang sesuai.

Di jurusan ini akan mempelajari tentang bagaimana efek sosial dan makanan yang dikonsumsi termasuk bagaimana makanan tersebut bisa mempengaruhi budaya kita.

Kebanyakan mahasiswa lulusan dari jurusan Teknologi Pangan akan berkarir di bidang Quality Control/Pengendalian Mutu, konsultan pangan dan gizi, pengembangan produk, dan lain-lainnya.

5. Jurusan Farmasi
Jurusan kuliah anak IPA yang lain adalah jurusan Farmasi, di mana Farmasi merupakan jurusan yang berhubungan sekali dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa yang belajar di jurusan Farmasi pasti akan mendalami dan mengenali struktur senyawa obat dan bagaimana cara mengolahnya untuk bisa menjadi bahan yang aman untuk dikonsumsi.

Mahasiswa lulusan Farmasi diharapkan bisa menjadi ahli dalam membuat, meracik, mengidentifikasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang bisa memenuhi standar kualitas. Biasanya prospek kerja lulusan Farmasi ini akan menjadi seorang apoteker, spesialis kimia, dan lain sebagainya.

6. Jurusan Teknik Industri
Jurusan kuliah anak IPA yang keenam ini adalah Teknik Industri. Jurusan Teknik Industri ini bisa menjadi pilihan utama untuk memulai karier di dunia perkuliahan. Jurusan teknik Industri ini sangat pas bagi yang suka dengan pelajaran fisika, karena di Teknik Industri akan belajar mengenai hal-hal tentang perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem.

7. Teknik Mesin
Jurusan kuliah anak IPA yang cocok buat kamu selanjutnya adalah jurusan Teknik Mesin. Jurusan Teknik Mesin mempunyai cakupan ilmu yang luas. Sebagai mahasiswa, kamu akan mendalami dan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan buatan manusia yang memiliki kemampuan untuk bergerak dan digerakkan.

Jadi intinya mahasiswa akan mempelajari segala hal yang terkait dengan pesawat terbang, mobil, motor, sepeda, robot, bahkan kapal laut. Dan selain itu, juga akan belajar mengenai konversi energi misalnya seperti motor bakar, sistem termal dan akan diminta untuk menggambar teknik bahkan pembuatan prototype mesin tersebut.

8. Jurusan Ilmu Kehutanan
Jurusan yang satu ini mungkin terdengar asing tapi sebenarnya banyak peminatnya. Sebagai mahasiswa Ilmu Kehutanan, kamu akan mempelajari segala sesuatu yang berkaitan tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, ilmu tanah, sampai manajemen hasil hutan itu sendiri. Bahkan, Ilmu Kehutanan juga berkaitan erat dengan pelestarian hutan, rehabilitasi hutan, serta perlindungan hutan. Tuh, apalagi di Indonesia nih yang pelestarian hutannya sangat diperhatikan.

Selain itu, sebagai mahasiswa lulusan Ilmu Kehutanan, kamu bisa bekerja sebagai spesialis konservasi alam, konsultan lingkungan, ahli konservasi hutan, ataupun pengawas hutan.

9. Jurusan Ilmu Astronomi
Jurusan kuliah anak IPA yang selanjutnya adalah jurusan Ilmu Astronomi, yang dimana akan mempelajari tentang berbagai benda atau objek di langit serta sifat fisik mengenai alam semesta dan isinya.

Meskipun prospek karirnya jarang terdengar, tapi kamu bisa bekerja sebagai Astronom, peneliti atmosfer dan luar angkasa, Ilmu Bumi, Ilmu kelautan, dan masih banyak lagi.

10. Jurusan Biokimia
Jurusan kuliah anak IPA yang terakhir adalah jurusan Biokimia. Di mana jurusan Biokimia merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan bagaimana proses tersebut sedang berlangsung di makhluk hidup.

Jadi, kamu sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Biokimia akan mempelajari tentang berbagai proses yang ada di reaksi kimia. Jurusan ini cocok buat kamu yang suka pelajaran biologi dan kimia. Prospek kariernya pun terjamin juga, kamu bisa menjadi peneliti bioinformatika, ahli biologi molekul, ahli biokimia, dan ahli biofisika.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)