Unhan Bersama Krbiotech dan Konkuk University Kerja Sama Penelitian Vaksin Covid-19

Senin, 03 Januari 2022 - 16:28 WIB
loading...
Unhan Bersama Krbiotech dan Konkuk University Kerja Sama Penelitian Vaksin Covid-19
Rektor Unhan Laksdya TNI Amarulla Octavian bersama Krbiotech Co. Ltd Korea dan Konkuk University menandatangani nota kesepahaman di Kampus Salemba, Jakarta Pusat. Foto/Dok/Unhan
A A A
JAKARTA - Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) bersama Krbiotech Co. Ltd Korea dan Konkuk University menandatangani nota kesepahaman secara hybrid di Kampus Salemba, Jakarta Pusat.

Acara yang berlangsung pada 29 Desember 2021 ini berlaku efektif mulai hari ini, Senin, 3 Januari 2022. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Unhan Laksdya TNI Amarulla Octavian dengan CEO Krbiotech Young Bong Kim. Turut hadir dalam acara penandatanganan tersebut para pejabat Unhan RI, perwakilan dari Krbiotech Co., Ltd, Mr. Rusdi Rosman, Mr. Lee Jae Woo, dan Mr. Ismady Supardjo.



Sedangkan yang hadir secara daring, perwakilan Krbiotech Co., Ltd., Executive Director Sunmi Jung, General Director Dongpyo Han, Director of the Institute Kun Won Bae, Senior Researcher Han Seam Cho, Senior Researcher Ki Hoon Park, serta dari Konkuk University yang dihadiri oleh Vice President of Public Affairs Hyun Chool Lee, Prof. Hee Jung Lee dan Ha Youn Shin.

Rektor Unhan Laksdya TNI Amarulla Octavian mengatakan, kerja sama Unhan dengan Krbiotech Co., Ltd. bersama Konkuk University bertujuan melaksanakan penelitian vaksin melalui uji klinik fase 1, 2, dan 3 vaksin SARS-CoV-2 dengan platform DNA virus dan vector Baculovirus. "Penelitian bersama vaksin Covid-19 ini diinisiasi Fakultas Farmasi Militer (FFM) Unhan RI melalui upaya Dekan FFM Yahdiana Harahap," ujar Octavian, Senin (3/1/2022).

Selain penelitian vaksin, kata Octavian, kerja sama selanjutnya juga meliputi pertukaran staf pengajar dan peneliti untuk melengkapi kegiatan program studi yang ditawarkan oleh masing-masing institusi; proyek dan publikasi penelitian bersama; partisipasi dalam konferensi internasional, seminar, simposium, lokakarya, dan kegiatan lain yang disepakati oleh kedua institusi; termasuk pertukaran materi akademik serta informasi lainnya.



CEO Kribiotech Co., Ltd, Young Bong Kim dalam sambutannya menyatakan vaksin dengan vector Baculovirus ini telah terbukti keamanan dan khasiatnya pada model hewan hamster (golden syrian hamster) dan mencit (BALB/c). Pada uji yang dilakukan, Baculovirus tidak menyebabkan kematian pada dua kali imunisasi primer 100 % survival rate. Vaksin ini terbukti berkhasiat untuk memicu imunitas mukosal, humoral, dan selular pada hewan uji yang dipajani intranasal virus SARS-CoV2.

"Imunitas mukosal berfungsi untuk mencegah penetrasi virus ke membran mukosa. Imunitas humoral digunakan untuk menginduksi netralisasi virus SARS-CoV2 oleh antibodi-anti-SARS-CoV2. Imunitas selular berfungsi untuk menekan replikasi virus yang infeksius terhadap tubuh inang. Oleh karena itu, dengan pertimbangan keamanan dan khasiat tersebut, maka vaksin SARS-CoV2 ini memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai salah satu alternatif vaksin demi menurunkan angka penularan Covid-19," ucapnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)