7 Cara Ajari Anak SD Belajar Berhitung Cepat dan Efektif

Selasa, 11 Januari 2022 - 21:00 WIB
loading...
7 Cara Ajari Anak SD Belajar Berhitung Cepat dan Efektif
Anak sekolah dasar belajar berhitung. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Orang tua perlu mengetahui bahwa belajar berhitung terkadang sulit dilakukan oleh anak-anak. Terutama anak yang masih duduk di kelas 1,2 dan 3. Bimbingan dari orang tua dan guru pun diperlukan untuk mengajari mereka berhitung di usia yang masih terbilang dini itu.

Belajar berhitung anak SD atau anak usia dini tentu akan berbeda dalam hal waktu dan strategi dengan anak yang sudah duduk di bangku sekolah yang lebih tinggi. Jadi, selalu usahakan untuk dampingi anak saat belajar berhitung dan sesuaikan dengan kemampuan mereka masing-masing.



Melansir dari laman Zenius di zenius.ac.id, berikut ini rekomendasi 7 cara untuk mengajari anak belajar berhitung cepat dan mengasyikkan.

1. Berhitung menggunakan jari
Orang tua maupun guru pasti sudah tahu kalau berhitung menggunakan jari dapat dikatakan sebagai salah satu metode atau cara berhitung cepat yang sederhana namun paling efektif.

Menghitung menggunakan jari dapat membantu anak menyelesaikan persoalan Matematika seperti pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Cara ini juga dapat mengaktifkan otak anak karena mereka dapat belajar sambil menggerakkan bagian tubuh yang lain.

2. Menghitung hal yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari
Cara selanjutnya dalam mengajar anak belajar berhitung adalah kaitkan dengan kebutuhan harian.

Sebagai contoh, saat mengajak anak berbelanja ke pasar atau ke supermarket, tanyakan berapa jumlah setiap barang yang telah dibeli, berapa total harganya, berapa jumlah barang tertentu (buah, sayur, minuman, dan sebagainya) yang ada di dalam keranjang belanja atau rak.

Kemudian, contoh cara mengajari anak berhitung yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari lainnya adalah saat memasak atau membuat teh atau kopi. Bapak atau Ibu dapat menanyakan pada anak berapa sendok gula yang diperlukan untuk membuat satu gelas teh.

Atau, saat memasak nasi, berapa kg beras yang perlu dimasak agar semua anggota keluarga mendapatkan bagian yang sama. Dengan mengaitkan pelajaran berhitung dengan kehidupan sehari-hari, tentu akan menjadi salah satu cara belajar berhitung cepat dan mudah karena anak-anak dapat mempraktikkannya secara langsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)