Calon Mahasiswa, Catat 7 Hal Penting Ketentuan Seleksi SNMPTN

Rabu, 12 Januari 2022 - 18:42 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Catat 7 Hal Penting Ketentuan Seleksi SNMPTN
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) memang dikenal sebagai jalur undangan yang tidak mewajibkan pesertanya mengikuti tes. Oleh karenanya diperlukan strategi dan juga memahami apa saja ketentuan seleksi agar bisa berhasil lulus.

SNMPTN memang menyeleksi mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik dan persyaratan lain yang ditentukan masing-masing PTN. Tahun lalu, dari ratusan ribu pendaftar sebanyak 110.459 siswa dinyatakan lulus SNMPTN.



Ketatnya persaingan lulus SNMPTN yang diperebutkan siswa dari penjuru Indonesia ini pun memerlukan strategi. Salah satu yang harus diketahui adalah ketentuan seleksi dan sistem penilaian jalur SNMPTN.

Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, Rabu (12/1/2022), berikut adalah beberapa hal penting yang harus diketahui calon peserta SNMPTN 2022. Informasi ini diolah berdasarkan proses seleksi SNMPTN di tahun-tahun sebelumnya.

1. Sekolah melakukan pemeringkatan siswa
Tidak semua siswa dapat menjadi peserta SNMPTN. Tahap pertama, sekolah akan melakukan pemeringkatan siswanya berdasarkan beberapa kriteria yaitu akreditasi sekolah dan nilai rapor semester 1-5. Pemeringkatan ini dilakukan dengan mempertimbangkan nilai dari mata pelajaran berikut:

- Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi

- Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi

- Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing

- SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)