Jurusan Kuliah pada SNMPTN-SBMPTN 2021 yang Kurang Diminati di UI, ITB, dan UGM

Kamis, 13 Januari 2022 - 06:01 WIB
loading...
Jurusan Kuliah pada SNMPTN-SBMPTN 2021 yang Kurang Diminati di UI, ITB, dan UGM
Jurusan Kehutanan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 telah dimulai. Pelajar kelas 12 yang ingin meneruskan kuliah ke PTN Pilihannya harus memilih jurusan pada 2 seleksi penerimaan tersebut.

Selain harus menyesuaikan dengan bakat dan minat, biasanya acuan selanjutnya adalah mengenai kesempatan kerja . Tapi ternyata tak hanya jurusan populer saja, jurusan pada SNMPTN dan SBMPTN yang jarang diminati juga memiliki peluang kesempatan kerja yang tinggi.



Lalu apa saja jurusan SNMPTN dan SBMPTN yang jarang diminati itu? Beberapa jurusan yang jarang diketahui ini ada di beberapa kampus ternama. Misalnya seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, hingga Institut Teknologi Bandung.

A. Jurusan yang Jarang Diminati di UI
Universitas Indonesia sendiri jadi salah satu kampus dambaan banyak orang. Lokasinya ada di Jakarta, dan memiliki banyak kemudahan akses ke semua fasilitas yang diperlukan. Setidaknya ada 10 jurusan yang jarang diminati di kampus ini.

1. Geografi
2. Fisika
3. Ilmu Keperawatan
4. Teknik Perkapalan
5. Teknik Elektro
6. Sastra Daerah untuk Sastra Jawa
7. Sastra Rusia
8. Ilmu Filsafat
9. Arkeologi
10. Ilmu Sejarah

Padahal kesempatan kerja yang dimiliki lulusan jurusan tersebut sebenarnya terbuka lebar. Namun entah karena apa, peminatnya juga sepi di SNMPTN dan SBMPTN 2021 lalu.



B. Jurusan yang Jarang Diminati di ITB
Kampus yang berlokasi di Bandung ini cukup terkenal dengan kualitas pendidikannya. Lingkungan kreatif dan etos kerja tinggi, membuat budaya ITB begitu dikenal. Beberapa jurusan SNMPTN dan SBMPTN yang jarang diminati antara lain :
1. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika
2. Jurusan di Fakultas MIPA
3. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Program Rekayasa
4. Jurusan di Fakultas Senirupa dan Desain yang ada di Kampus Cirebon

Meski terdengar familier, namun keempat tujuan SNMPTN ini jarang peminat pada penerimaan mahasiswa baru pada 2021 lalu.

C. Jurusan yang Jarang Diminati di UGM
Universitas Gadjah Mada sendiri ada beberapa jurusan yang sebenarnya memiliki potensi kesempatan kerja luas, namun justru sepi peminat. Berikut ini jurusan SNMPTN dan SBMPTN yang jarang diminati di UGM:
1. Agroteknologi
2. Agribisnis
3. Peternakan
4. Kehutanan
5. Geografi Lingkungan
6. Arkeologi
7. Sejarah
8. Sastra Jawa
9. Sastra Prancis
10. Sastra Jepang

Cukup banyak bukan? Siapa tahu, di penerimaan mahasiswa baru yang akan datangkalian atau orang yangkalian kenal ingin masuk ke salah satu jurusan tersebut.

Itulah informasi terkait dengan jurusan SNMPTN dan SBMPTN yang jarang diminati di 3 universitas favorit. Semoga bisa jadi insight baru dan berguna, sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang Anda miliki.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)