10 Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Siswa Lulusan SMK

Kamis, 13 Januari 2022 - 15:49 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Siswa Lulusan SMK
Jurusan teknik informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Meskipun pendidikan SMK sebenarnya dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus, ternyata tidak sedikit lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Simak referensi 10 jurusan kuliah bagi anak SMK yang masih bingung menentukan jurusan.

Sama halnya dengan lulusan SMA, jurusan yang bisa dipilih oleh siswa SMK tersedia banyak di perguruan tinggi di Indonesia. Yang perlu diperhatikan adalah, pilihlah jurusan yang sesuai minat dan bakat. Selain itu sebaiknya pilihlah jurusan yang linier dengan keahlianmu sebelumnya.



Melansir dari laman Ruang Guru di ruangguru.com, berikut ini 10 jurusan yang bisa menjadi pertimbangan lulusan SMK dalam memilih jurusan di perguruan tinggi.

1. Jurusan Arsitektur
Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi kamu lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah Jurusan Arsitektur. Karena apa yang di pelajari dibangku SMK seperti teknik-teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad, bisa menjadi landasan saat ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini.

Jurusan Arsitektur akan mengajari mahasiswanya tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan yang meliputi kekuatan bangunan (firmitas), estetika bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Untuk masuk di jurusan ini paling tidak harus memiliki ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, dan teknologi.



Beberapa kampus yang membuka jurusan arsitektur di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Prospek karier dari jurusan ini terbuka lebar mulai dari menjadi seorang Arsitektur, bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor.

2. Jurusan Teknik Mesin
Jurusan bisa dipertimbangkan bagi siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin yang setelah lulus ingin melanjutkan kuliah. Kamu yang sudah nggak asing lagi dengan bidang permesinan, pastinya akan lebih mudah mempelajari setiap mata kuliah di jurusan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)