Melalui MSIB, Mahasiswa Dapat Kesempatan Pengalaman Kerja di Perusahaan Bonafide

Rabu, 19 Januari 2022 - 23:30 WIB
loading...
Melalui MSIB, Mahasiswa Dapat Kesempatan Pengalaman Kerja di Perusahaan Bonafide
Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Prof. Nizam. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek kini tengah membuka pendaftaran program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka (MSIB) 2022. Program ini terbuka bagi mahasiswa sarjana dan diploma. Terdapat lebih dari 100 perusahaan ternama dan berkualitas yang telah bergabung menjadi mitra program MSIB tahun ini.

Di MSIB yang ditujukan bagi mahasiswa di bawah naungan Kemendikbudristek ini, selain mendapat mentorship, mahasiswa juga akan melakukan kolaborasi proyek riil sehingga mereka akan terlibat dengan proyek yang dibutuhkan dan berdampak besar ke industri maupun masyarakat.



Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam menyatakan, MSIB merupakan salah satu inovasi yang dapat mentransformasi pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan tinggi.

Pada program MSIB ini, mahasiswa bisa menemukan pengalaman yang lebih konkrit dan nyata karena mereka disambut oleh profesional yang handal di lapangan kerja sehingga saat lulus mahasiswa akan siap untuk terjun ke dunia kerja secara lebih firmed, mantap, dan confidence.

Kesiapan mahasiswa dalam menghadapi masa depan yang dinamis merupakan salah satu indikator yang penting dalam menentukan masa depan Indonesia. Program MSIB berperan sebagai wadah bagi mahasiswa memperoleh pengalaman kerja langsung dan konkrit sehingga dapat memiliki bekal lebih untuk masa depan.



Dirjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengatakan, MSIB mengadopsi kurikulum adaptif dan link match antara perguruan tinggi dan industri.

“MSIB memang konsepnya ingin membuat mahasiswa belajar berenang langsung ke samudera nyata. Hal tersebut dilakukan karena perubahan yang terjadi di industri jauh lebih cepat daripada kurikulum dan pembelajaran kita,” katanya melalui siaran pers, Rabu (19/1/2022).

Ia berharap dengan semakin banyaknya mahasiswa yang mengikuti MSIB, kelak mereka dapat menjadi pemimpin yang baik di masa depan. "Ditjen Vokasi bekerja sama dengan Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi sangat membuka diri dengan apapun adanya usulan, masukan, kritik, feedback supaya program ini menjadi lebih baik ke depan," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3957 seconds (0.1#10.140)