Tips Menggunakan Internet yang Aman, Nomor 2 Paling Bahaya

Kamis, 20 Januari 2022 - 17:51 WIB
loading...
Tips Menggunakan Internet yang Aman, Nomor 2 Paling Bahaya
Dunia digital semakin berkembang, selain menghadirkan kemudahan juga dibarengi dengan maraknya kejahatan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Saat ini, akses terhadap informasi di dunia digital sangat mudah. Seseorang hanya perlu menggunakan handphone untuk mengetahui informasi yang tersedia. Tentunya kemudahan yang ada juga dibarengi dengan maraknya kejahatan yang bisa terjadi.

Apalagi akses digital kini semakin terbuka lebar dengan keberadaan media sosial. Setiap orang bebas mengunggah informasi mengenai dirinya, mulai dari informasi publik sampai pribadi.



Beragam challenge dihadirkan berkedok kegiatan menyenangkan yang ujungnya penyalahgunaan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Seperti yang belum lama ini terjadi, challenge Instagram ‘Add Yours’ memakan korban karena data yang dibagikan pengguna disalahgunakan oknum untuk melancarkan aksi penipuan mereka.

Maka dari itu, kalian harus waspada dan mulai menerapkan tips berikut ini agar lebih aman dalam menggunakan internet .

1. Jangan Membagikan Informasi Pribadi
Informasi pribadi hanya milik pribadi, maka dari itu jangan pernah membagikannya di internet. Internet bukan tempat yang aman karena memiliki banyak celah berupa akses dari mana pun. Hindari membagikan informasi seperti tempat dan tanggal lahir, nomor handphone, alamat tempat tinggal, hingga identitas orang-orang terdekat kalian. Informasi-informasi tersebut rawan pencurian yang nantinya akan berujung pada penyalahgunaan data.



2. Waspada Saat Menghubungkan WiFi
WiFi publik bisa jadi jalan masuk bagi oknum untuk meretas data pribadi kalian, maka dari itu waspadalah saat menyambungkan handphone dengan WiFi yang dirasa mencurigakan. Misalnya saja WiFi yang sengaja tidak diberi password atau keamanan lainnya, karena kemungkinan besar WiFi tersebut sengaja disiapkan oleh peretas untuk mencuri data pribadi kalian. Jadi, jangan senang dahulu ketika diberi akses WiFi gratis. Lebih baik menggunakan koneksi pribadi atau WiFi berbayar demi keamanan data pribadi kalian.

3. Jangan Masuk Melalui Tautan Tidak Resmi
Pernahkah kalian mendapat tautan dari seseorang atau grup dan mengarah pada web asing? Jika iya maka kalian perlu mewaspadai karena bisa jadi tautan tersebut ditunjukkan untuk membobol data dalam perangkat. Bahaya lain yang mungkin terjadi adalah pengambil alihan media sosial oleh oknum peretas. Media sosial kalian bisa disalahgunakan untuk mengunggah sesuatu yang tidak seharusnya. Tentu saja hal tersebut akan merusak citra dan nama baik kalian sendiri.

Tautan tidak resmi juga bisa mempengaruhi koneksi internet kalian. Hal ini berasal dari virus yang ditanamkan pada situs tersebut. Saat virus menyerang, perangkat kalian akan terkunci dan hanya bisa dibuka jika kalian membayarnya terlebih dahulu. Kondisi jadi makin rumit jika kalian membutuhkan data tersebut sesegera mungkin karena backup tentu butuh waktu yang tidak sebentar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2690 seconds (0.1#10.140)