Unpad Masuk 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Nasional Versi 4ICU UniRank

Senin, 24 Januari 2022 - 16:04 WIB
loading...
Unpad Masuk 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Nasional Versi 4ICU UniRank
Universitas Padjajaran (Unpad). Foto/Dok/Unpad
A A A
BANDUNG - Universitas Padjadjaran ( Unpad ) masuk sepuluh besar perguruan tinggi terbaik nasional berdasarkan “2021 Indonesian University Ranking” versi 4ICU uniRank. Tahun ini, Unpad meraih peringkat ke-9, meningkat signifikan dari peringkat ke-30 pada tahun sebelumnya.

Sekretaris Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi Unpad Arif Firmansyah menjelaskan, 4ICU uniRank menilai perguruan tinggi yang memiliki kriteria sudah diakreditasi oleh organisasi resmi, menyelenggarakan pembelajaran sarjana dan pascasarjana, serta memiliki program pembelajaran tatap muka dan jarak jauh.



Dalam pelaksanaannya, uniRank mengukur kinerja perguruan tinggi menggunakan empat mesin pengukur kinerja website yang berbeda, yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, dan Majestic Referring Domains Trust Flow.

Arif melanjutkan, strategi penguatan website Unpad memfokuskan pada peningkatan kualitas konten dan optimasi pendukung mesin pencari (SEO). Peran website instansi sangat memengaruhi terhadap penilaian ini.

Dengan peringkat Unpad yang meningkat signifikan, ini berarti strategi kemudahan pencarian informasi di mesin pencari dan konten website yang berkualitas telah efektif dilakukan.



“Artinya SEO kita semakin baik, penataan website Unpad juga semakin baik, dan di satu sisi Unpad gencar menghapus konten spam yang berdampak pada kualitas trust flow yang semakin baik,” kata Arif.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, peningkatan kinerja Unpad di 4ICU uniRank menunjukkan bahwa berbagai informasi dan kinerja Unpad telah tersampaikan dengan baik melalui website dan mampu menjangkau global.

“Unpad semakin beradaptasi pada tuntutan pemanfaatan teknologi, khususnya pemanfaatan web Unpad untuk mendukung komunikasi dan informasi untuk pendidikan, riset, inovasi, dan pengabdian pada masyarakat,” kata Rektor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8982 seconds (0.1#10.140)