Wajib Tahu, Ini 5 Tips Lolos Beasiswa LPDP

Rabu, 26 Januari 2022 - 23:15 WIB
loading...
Wajib Tahu, Ini 5 Tips Lolos Beasiswa LPDP
Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Setiap tahunnya LPDP membuka pendaftaran beasiswa untuk mencetak pemimpin dan profesional masa depan. Tingkat persaingannya pun tinggi karena beasiswa ini menjadi incaran seluruh mahasiswa dengan beragam manfaat yang diberikan.

Mulai uang kuliah, tunjangan buku, asuransi hingga biaya hidup selama menempuh pendidikan tinggi. LPDP menyediakan 3 jenis beasiswa. Yakni beasiswa afirmasi, beasiswa targeted dan juga beasiswa umum.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 6 Persiapan Menghadapi Wawancara Beasiswa agar Sukses

Beasiswa LPDP ini juga menjadi incaran karena tidak hanya memberi kesempatan untuk kuliah di perguruan tinggi dalam negeri. Namun juga mahasiswa bisa mengenyam pendidikan di kampus luar negeri bergengsi kelas dunia.

Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto mengatakan, pendaftaran beasiswa LPDP untuk tahun ajaran 2022/2023 akan digelar sebanyak dua kali. Tahap pertama dibuka pada Februari-Maret 2022 dan tahap kedua dibuka pada Juli-Agustus 2022.

Tahapan seleksi beasiswa ini, kata Andin, kurang lebih masih sama seperti tahun lalu di antaranya seleksi adminstrasi, seleksi subtansi akademik dan kebangsaan, dan seleksi wawancara.

Baca juga: 10 Beasiswa Luar Negeri Paling Diminati yang Buka Januari-Februari 2022

"Tahun ini target penerima beasiswa sekitar 4.000 penerima untuk program degree baik yang mengambil sekolah di dalam negeri maupun luar negeri. Jumlah tersebut kurang lebih sama seperti 2021," jelasnya.

Dengan segala kelebihannya, tentunya persaingan untuk lolos dari beasiswa ini perlu strategi khusus. Melansir laman bimbingan persiapan studi ke luar negeri Schoters di schoters.com, Rabu (26/1/2022) berikut ini adalah tips agar lolos beasiswa LPDP.

1. Teliti Saat Mengisi Persyaratan Seleksi Administrasi
Screening dokumen adalah tahap awal dalam proses penyeleksian beasiswa LPDP ini. Alhasil, kamu harus teliti dalam mengisi dokumen yang dibutuhkan dan jangan sampai terlewat deadline. Persiapkan dokumen persyaratannya pun harus dari jauh-jauh hari karena beasiswa LPDP termasuk beasiswa yang syarat dokumen-dokumennya cukup banyak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1438 seconds (10.101#12.26)