UNS Raih Peringkat Enam Perguruan Tinggi Terbaik Nasional versi Webometrics 2022

Sabtu, 05 Februari 2022 - 18:44 WIB
loading...
UNS Raih Peringkat Enam Perguruan Tinggi Terbaik Nasional versi Webometrics 2022
UNS Raih Peringkat Enam Perguruan Tinggi Terbaik Nasional versi Webometrics 2022
A A A
JAKARTA - Webometrics Ranking of World Universities 2022 menempatkan Universitas Sebelas Maret ( UNS ) sebagai perguruan tinggi terbaik keenam di Indonesia dan peringkat ke-1.144 di dunia.

Hasil ini diketahui usai hasil pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities yang diperbarui pada Jumat (4/2/2022).

Untuk diketahui, Webometrics Ranking of World Universities merupakan pemeringkatan yang dilakukan oleh Cybermetrics Lab, sebuah riset grup di bawah naungan Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) yang menjadi lembaga riset publik terbesar di Spanyol.

Ada tiga indikator yang digunakan dalam Webometrics untuk menilai kualitas setiap perguruan tinggi. Ketiganya adalah visibility (impact) sebesar 50 %, transparency (opennes) sebesar 10 %, dan excellence (scholar) sebesar 40 %.

Pada ketiga indikator ini, impact rank kampus yang berpusat di Surakarta ini berada di peringkat ke-487 dunia. Sementara openness rank berada di peringkat ke-1.028 dunia dan excellence rank berada di peringkat ke-2.507 dunia.

Atas hasil pemeringkatan Webometrics di awal 2022 ini, Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho mengaku bersyukur sebab UNS menempati jajaran perguruan tinggi top di Indonesia. Baca: Inovasi Mahasiswa, Bangun Rumah Ramah Lingkungan dengan Limbah Abu

Secara khusus, Prof Jamal mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberi kontribusi pada naiknya peringkat UNS di Webometrics 2022.

“Kita ‘kan menempati peringkat ke-6. Ini harus kita syukuri bersama. Kemudian kerja keras lagi. Untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan reputasi kita di tingkat internasional,” ujarnya dikutip dari laman resmi UNS di uns.ac.id, Sabtu (5/2/2022).

Prof Jamal juga mendorong Direktur Kerjasama, Pengembangan, dan Internasionalisasi UNS Prof Irwan Trinugroho untuk bisa memompa poin-poin yang harus ditingkatkan dan mengamati dinamika di tingkat internasional.

“Tidak hanya Webometrics tapi juga pada pemeringkatan lain, seperti 4ICU dan Asian University Ranking juga harus ditingkatkan,” lanjut Prof Jamal. Baca juga: Intip Kisah Perjuangan Alumnus FISIP UNS yang Sukses Berkarier di Boeing

Dengan hasil pemeringkatan Webometrics ini, Prof Jamal menuturkan, UNS dapat memetakan kemampuan terbaiknya. Baik dari segi atmosfer akademik, kemampuan, maupun reputasi.

Walau UNS juga akan dinilai oleh lembaga pemeringkatan yang berbeda-beda, ia mengaku tidak khawatir. Sebab, kriteria yang ditetapkan masing-masing lembaga pemeringkatan akan dapat dipenuhi oleh UNS.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)