Artis Lulusan UNJ, Siapa Saja?

Senin, 07 Februari 2022 - 12:01 WIB
loading...
Artis Lulusan UNJ, Siapa Saja?
Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Foto/DOk/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Jakarta ( UNJ ) sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia berupaya meningkatkan mutu dan menghasilkan lulusan guru berkualitas di Indonesia. Namun ternyata banyak juga alumni UNJ yang berkarya di berbagai bidang. Salah satunya adalah menjadi artis.

UNJ memang identik dengan guru. Hal ini karena sebelum berubah status menjadi universitas, kampus negeri yang berdomisili di ibukota negara ini dikenal dengan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta.

Meski dikenal dengan pendidikan guru namun UNJ sejak berganti nama dari IKIP telah banyak melahirkan fakultas dan jurusan baru selain program kependididikan.

UNJ telah banyak melahirkan para guru yang memiliki tugas mulia mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun tidak hanya guru, UNJ pun telah banyak melahirkan para tokoh yang berkiprah di berbagai bidang. Salah satunya para artis bertalenta di Indonesia.

Berikut ini deretan artis lulusan UNJ yang telah dikutip dari berbagai sumber.

1. Oki Setiana Dewi

Perempuan berhijab ini adalah seorang aktris, penulis, dan pendakwah. Oki lahir di Batam, Kepulauan Riau, pada 13 Januari 1989.

Oki merupakan anak pertama dari pasangan Sulyanto dan Yunifah Lismawati. Dia memiliki dua adik yakni Shindy Kurnia dan YouTuber Ria Ricis.

Oki memulai kariernya sebagai bintang utama di film Ketika Cinta Bertasbih pada 2009. Namanya pun mulai bersinar hingga sukses membintangi sinetron dan film yang sebagian besar bertema Islami.

Film layar lebar lainnya yang pernah Oki bintangi adalah Demi Cinta (2017), 212: The Power of Love (2018), Hayya: The Power of Love 2 (2019), Sisterlillah The Movie (2020), dan Merindu Cahaya de Amstel (2022).

Oki tercatat pernah menempuh kuliah program Magister Pendidikan Anak Usia Dini UNJ dan lulus pada 2016. Oki yang juga dikenal sebagai pendakwah juga menempuh S3 Kajian Islam Konsentrasi Dakwah di UIN Syarif Hidayatullah dan lulus pada 2021.

Baca: Artis Lulusan Unpad, Universitas Penghasil Orang-orang Hebat

2. Denny Wahyudi

Denny Wahyudi atau di dunia televisi dikenal dengan Denny Cagur merupakan alumni sarjana program studi Pendidikan Ekonomi UNJ yang lulus pada 2001.

Semenjak mahasiswa, Denny memang dikenal sebagai orang yang menghidupkan suasana dengan berbagai candaannya. Hingga akhirnya Denny dan beberapa temannya membentuk grup lawak Cagur.

Denny yang lahir dari keluarga sederhana ini sudah banyak mengisi program komedi di televisi. Dimulai dari Opera Van Java, Dahsyat, Saatnya Kita Sahur, Pesbukers hingga komedi terbaru dari stasiun televisi iNews berjudul Cross Check. Denny juga telah membintangi beberapa film dan sinetron di Indonesia.

3. Wendy Armoko

Wendy Armoko atau yang kerap disapa Wendy Cagur adalah komedian kelahiran 8 Mei 1979 yang banyak menghiasi dunia pertelevisian khususnya komedi di tanah air.

Sama halnya dengan rekan satu grup lawak Cagur lainnya, Wendy juga telah banyak merambah program komedi di berbagai stasiun televisi. Namun Wendy tercatat pernah terlibat di dunia film dengan judul Cintaku Selamanya (2009) dan Pijat Atas Tekan Bawah (2009).

Wendy yang di UNJ memilih kuliah Jurusan Seni Rupa ini juga terlihat pernah membintangi FTV Lapor Pak!The Movie: Hilangnya Mahkota Atlantis (2021) dan juga beberapa iklan.

Baca juga: Sederet Artis Lulusan UGM, Termasuk Orang Nomor Satu di Indonesia

4. Sunarji

Sunarji juga merupakan salah satu perintis grup lawak Cagur sehingga masyarakat pun banyak yang menyapanya dengan Narji Cagur. Bersama dengan Denny, Narji juga menempuh perkuliahan di jurusan Ekonomi UNJ.

Narji pada 2012 memutuskan vakum dari Cagur dan hijrah ke grup komedi lainnya yaitu grup Trio Semprul yang beranggotakan Andhika Pratama dan Gading Marten. Namun grup itu kian populer sejak beradu akting di sebuah FTV. Ia pun keluar pada 2016 dan posisinya digantikan oleh Uus.

Sejak 2021, Narji yang menjadi kader salah satu partai politik ini juga adalah anggota dari Double Dobol bersama Sandhy Sondoro yang dikenal memiliki kemiripan wajah dengannya.

5. Sundari Soekotjo

Nama wanita ini terkenal di dunia musik Indonesia, terutama keroncong. Wanita yang juga pernah mengajar sebagai guru kesenian di SMA 38 Jakarta ini menempuh pendidikan D3 IKIP pada 1987 dan sarjana Pendidikan Seni Musik dari UNJ pada 2002.

Pemilik nama lengkap Sundari Untinasih Soekotjo ini memiliki kecintaan pada musik keroncong dari sang ayah, Soekotjo Ronodihardjo. Ayahnya yang memperkenalkan musik keroncong dan kerap mengajaknya bernyanyi lagu-lagu keroncong.

Perempuan kelahiran 14 April 1965 ini dinobatkan sebagai penerima keroncong Award 2002 yang diselenggarakan Yayasan Bina Suci dan Radio Republik Indonesia. Di tahun yang sama, dia juga menerima penghargaan khusus dari dewan kategorisasi di ajang AMI Sharp Award yang ke-6.

Selama berkarier, Sundari memiliki sejumlah karya-karya musik. Di antaranya Rek Orek, Ela Elo, Jamur Ing Mangsa Ketiga, album Keroncong Asli Sundari Soekotjo Vol 1 (2002), Album Emas Keroncong (2008), Pop Keroncong (2009), Keroncong Asli Sundari Soekotjo Vol 2 (2010), dan Keroncong In Jazzy Mood - Impian Semalam (2015).
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)