Beasiswa LPDP 2022 akan Dibuka, Ini 5 Tips yang Wajib Disimak

Selasa, 08 Februari 2022 - 12:30 WIB
loading...
Beasiswa LPDP 2022 akan Dibuka, Ini 5 Tips yang Wajib Disimak
Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP ) direncanakan akan dibuka kembali pada Februari dan Juli 2022 ini. Beasiswa LPDP menjadi salah satu beasiswa prestisius yang dicari seluruh pejuang beasiswa . Sehingga untuk meraih beasiswa ini pun tidaklah mudah.

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa dari Kementerian Keuangan untuk berkuliah di berbagai negara dan mencakup berbagai perguruan tinggi terbaik dunia.

Beasiswa ini menawarkan beasiswa S1 luar negeri penuh biaya pendidikan dan biaya hidup untuk warga negara Indonesia.

Di samping itu, beasiswa ini diperuntukkan untuk program beasiswa S2 luar negeri dan S3. Selain itu, beasiswa LPDP juga membuka beasiswa untuk siswa SMK dan SMA, dosen, guru, tenaga kependidikan, dan peneliti.

Baca: Pendaftaran Beasiswa LPDP Dibuka Februari, Ini Syarat dan Dokumen yang Harus Disiapkan

Maka jika berminat melanjutkan kuliah jenjang apapun dan dimana pun, beasiswa yang satu ini adalah pilihan yang tepat.

Berikut ini beberapa tips yang bisa disimak agar kesempatan lolos beasiswa LPDP tahun ini semakin besar yang dikutip dari laman Schoters di schoters.com.

Tips ini dipersembahkan oleh seorang alumni dari University of Glasgow, Inggris, yang telah menyelesaikan studi Master di program Physics: Advanced Materials. Dia berkesempatan kuliah di Inggris dengan beasiswa LPDP 2019.

1. Teliti saat mengisi persyaratan seleksi administratif
Screening dokumen adalah tahap awal dalam proses penyeleksian beasiswa LPDP ini. Alhasil, ketelitian dalam mengisi dokumen dibutuhkan dan jangan sampai terlewat deadline. Persiapkan dokumen persyaratannya pun harus dari jauh-jauh hari karena beasiswa LPDP termasuk beasiswa yang syarat dokumen-dokumennya cukup banyak.

2. Kuatkan essay dan rencana studi
Kunci agar lolos seleksi tahap administratif adalah essay yang bagus. Biasanya para pendaftar akan diminta membuat study plan/rencana studi yang jelas dan terarah. Tentukan program jurusan dan universitas yang diincar dengan mantap.
Penulisan essay dan rencana studi pun tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa kaidah yang harus kalian ikuti dan pastikan essay kalian mempunyai bagian-bagian berikut:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)