Mahasiswa Wajib Tahu, Ini 4 Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu

Rabu, 09 Februari 2022 - 14:02 WIB
loading...
Mahasiswa Wajib Tahu, Ini 4 Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu
Mahasiswa perlu tahu 4 tips lulus kuliah tepat waktu. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagai mahasiswa pasti motivasinya adalah lulus kuliah dengan tepat waktu. Tidak hanya ingin segera mendapatkan pekerjaan namun juga untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi berikutnya.

Namun faktanya, tidak semua mahasiswa mampu melakukannya. Terkadang ada hambatan yang membuat waktu kuliah menjadi lebih panjang dari seharusnya.

Berbagai hambatan itu pun perlu dihilangkan secepatnya. Sebab berlama-lama menjalani kuliah itu merupakan pemborosan. Baik dari segi waktu maupun biaya kuliah yang tidaklah ringan.

Dikutip dari Instagram Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek di @ditjen.dikti, lulus kuliah tepat waktu pun bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiwa.

Baca: Kupas Tuntas Penerimaan Mahasiswa Baru ITS 2022

Oleh karena itu, mari simak empat cara yang bisa diterapkan agar perkuliahan bisa berjalan lancar dan lulus tepat pada waktunya.

1. Komitmen
Komitmen yang kuat akan membantu kita dalam mencapai tujuan. Ketahui mata kuliah yang dibutuhkan sebelum semester berjalan. Temui dosen wali atau pembimbing untuk meminta saran agar mendapatkan gelar akademik tepat waktu.

2. Prioritas
Jadikan kuliah sebagai prioritas. Jika memungkinkan, ambil mata kuliah di semester atas agar bisa mendapatkan SKS per semester lebih banyak dan selesai lebih cepat

Baca juga: Cek Nilai Ujian Mahasiswa Sarjana dan Diploma UT 2022, Ini Linknya

3. Proaktif
Jadilah proaktif dan manfaatkan fasilitas yang tersedia di kampus dengan baik. Mahasiswa dapat meminta bantuan mulai dari dosen, asisten pengajar, penasihat akademik, dan sesama mahasiswa. Selain itu juga dapat mencari informasi pendukung lainnya melalui buku dan fasilitas lainnya yang terdapat di kampus

4. Manajemen Waktu
Membagi waktu antara kegiatan perkuliahan dengan organisasi atau bekerja secara seimbang. Selalu disiplin dan konsisten denga pembagian waktu tersebut. Ingatlah bahwa tugas utama kita adalah menjadi mahasiswa dan belajar dengan giat agar bisa lulus tepat waktu.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)