Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022 di 6 Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Kamis, 10 Februari 2022 - 09:52 WIB
loading...
Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022 di 6 Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
Jadwal pendaftaran dan penutupan KIP Kuliah 2022. Foto/tangkapan layar laman KIP Kuliah Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) Kuliah memungkinkan lulusan SMA dan sederajat dari kalangan tidak mampu untuk bisa kuliah di perguruan tinggi. Catat tanggal penting pendaftaran KIP Kuliah 2022 di enam jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru berikut ini.

KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Kemudian, penerima KIP Kuliah ialah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya. Mereka bisa memilih kuliah di perguruan tinggi manapun dan jurusan yang sesuai minat dan bakat.

Mahasiswa peserta KIP Kuliah sendiri tidak hanya terbatas ke perguruan tinggi negeri (PTN) saja. Namun juga ke perguruan tinggi swasta (PTS) dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id menjelaskan, pendaftaran KIP Kuliah 2022 dimulai dengan pendaftaran akun siswa KIP Kuliah yang dimulai pada 2 Februari 2022 sampai dengan 31 Oktober 2022.

Kemudian, jadwal pendaftaran KIP KUliah di masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru terbentang mulai 7 Februari 2022 sampai dengan 8 Juni 2022 pada enam jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Berikut ini enam jalur seleksi dan juga jadwal pendaftaran dan penutupan KIP Kuliah 2022 tersebut. Disertakan juga sedikit informasi jalur penerimaannya sebagai bahan referensi bagi para pejuang kuliah.

1. Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN)

SNMPTN adalah seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)