Mengenal Jurusan Desain Grafis dan 5 Peluang Kerjanya

Kamis, 10 Februari 2022 - 11:21 WIB
loading...
Mengenal Jurusan Desain Grafis dan 5 Peluang Kerjanya
Mengenal jurusan desain grafis dan 5 peluang kerjanya. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Dalam kehidupan sehari-hari kreasi dari lulusan desain grafis pasti mudah ditemukan. Mulai dari kemasan produk kopi, iklan di berbagai media hingga gambar di berbagai produk. Hal ini membuktikan jurusan desain grafis ini memiliki peluang kerja luas bagi mahasiswa yang mempunyai kreativitas tinggi.

Mahasiswa di jurusan ini tidak hanya akan diajari cara menuangkan kreativitas dalam bentuk gambar. Namun ternyata mereka juga diajari komunikasi visual dalam bentuk video. Sebab desain grafis akan mengeksplor kemampuan komunikasi visual, termasuk gambar, video, dan sebagainya.

Kemampuan komunikasi visual menjadi kunci para mahasiswa jurusan desain grafis. Seperti yang sudah dijelaskan, desainer grafis bisa disebut sebagai penyampai suatu pesan melalui sebuah gambar atau video.

Melansir laman Ruangguru di ruangguru.com, dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, Illustrator, Flash, CorelDraw, mahasiswa bisa mengombinasikan elemen foto, font, warna, hingga ilustrasi untuk menyampaikan pesan melalui sebuah gambar desain.

Baca: Wow! Gaji Lulusan IPDN Bisa Tembus 20 Juta per Bulan, Tertarik?

Mata Kuliah Jurusan Desain Grafis

Mahasiswa Jurusan Desain Grafis akan mempelajari dasar-dasar desain grafis terlebih dahulu saat baru masuk perkuliahan. Dasar-dasar desain grafis disebut dengan design fundamentals, salah satunya elemen dan prinsip desain, termasuk titik, garis, tekstur, ruang, dan warna.

Selain itu, prinsip desain, seperti keseimbangan, kesatuan, ritme, penekanan, proporsi, kontras, repetisi, hingga kesatuan juga akan dipelajari dalam gambar. Jurusan ini juga akan mempelajari fotografi, tipografi, sejarah gambar dan seni, User Interface (UI) Design, Communication & Presentation, Desktop Publishing, Single Page Design, dan lain-lain.

Di Mana Bisa Kuliah Desain Grafis di Indonesia?

Berikut ini beberapa rekomendasinya.
1. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Institut Teknologi Bandung (ITB).
2. Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta (IKJ).
3. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Universitas Trisakti.
4. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Pelita Harapan (UPH).
5. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Multimedia Nusantara (UMN).
6. Jurusan Desain Grafis, Universitas Kristen Petra (UK Petra).
7. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.
8. Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.
9. Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo.
10. Universitas Negeri Malang (UM), Malang.

Baca juga: Mau Berkarier di BUMN? Cek 4 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Perusahaan Plat Merah

Prospek Kerja Lulusan Desain Grafis

Prospek kerja para lulusan Jurusan Desain Grafis pun luas dan bisa masuk ke semua bidang perusahaan, mengingat kebutuhan komunikasi visual sangat dibutuhkan di era modern sekarang. Jika tidak ingin terikat dengan kantor, juga bisa menjadi pekerja lepas waktu atau freelancer yang memiliki banyak projek hingga ke luar negeri.

Simak peluang kerja para desainer grafis berikut ini.

1. Branding consultant.
Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk melakukan branding sebuah perusahaan baru atau brand baru, mulai dari pembuatan desain logo, packaging, maskot, company profile, dan kebutuhan branding lainnya.

2. Perusahaan game.
Bekerja di perusahaan game menjadi salah satu prospek di mana desainer grafis bertugas sebagai penyedia gambar untuk kebutuhan game, mulai dari asset game, UI, gambar ilustrasi untuk marketing, logo, icon, hingga karakter, sesuai dengan kebutuhan di dalam game.

3. Agensi periklanan.
Di bidang ini, kamu akan memberikan kemampuan kreatif dalam memproduksi iklan dengan tampilan visual menggoda para calon pelanggan sebuah produk.

4. Branding agency.
Bekerja di bidang branding agency akan banyak mendesain logo, membuat marketing kit, brand identity, manual guide, dan tampilan visual lainnya.

5. Software house.
Desainer grafis di software house pada umumnya akan menangani tampilan aplikasi ataupun website.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)