Bagaimana Cara Terbaik untuk Memimpin Generasi Z?

Jum'at, 11 Februari 2022 - 00:01 WIB
loading...
Bagaimana Cara Terbaik untuk Memimpin Generasi Z?
Generasi Z. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Selama ini, gaya kepemimpinan di tempat kerja memang menjadi tantangan tersendiri. Apalagi ketika tim yang bekerja terdiri atas beberapa kelompok usia. Setiap generasi memiliki karakter masing-masing. Manajemen SDM yang ada memang sudah seharusnya bisa merangkul semua kepentingan.

Sebelum kita membahas tentang gaya kepemimpinan yang cocok, ada baiknya untuk kita ingat kembali tentang macam-macam generasi. Setidaknya saat ini terdapat empat macam pembagian generasi, yaitu Baby Boomers, generasi X, generasi Y atau Millennials, dan generasi Z .



Dihitung berdasarkan tahun lahir, Baby Boomers lahir sebelum 1965, generasi X lahir antara 1965-1979, generasi Y atau Millennials lahir antara 1980-1996, dan generasi Z lahir antara 1997-2010. Hal tersebut diungkapkan oleh Don Tapscott dalam bukunya yang berjudul Grown Up Digital.

Tapi, sebenarnya penggolongannya berdasarkan tahun itu tidak bersifat mutlak. Ada juga yang lebih mudah mengingat bahwa Gen Z adalah anak muda yang lahir pada tahun 2000-an awal.

Pentingnya Kepemimpinan untuk Mengelola Setiap Generasi
Setiap generasi ada keunikan tersendiri, baik itu kelebihan maupun kekurangan. Agar tidak memicu kesalahpahaman, sudah semestinya setiap generasi saling memahami perbedaan. Perbedaan memang bukan untuk diubah atau dihilangkan, tapi dikelola dengan seoptimal mungkin. Di sebuah organisasi atau lembaga, termasuk di tempat kerja, tantangan seperti ini bisa diatasi dengan gaya kepemimpinan yang tepat.



Beberapa tahun ke belakang, mungkin Anda juga sudah sering membaca betapa seringnya generasi milenial dibahas dari berbagai sudut pandang. Kali ini ada generasi Z yang mulai memasuki dunia profesional. Generasi Z ini bertumbuh seiring dengan perkembangan media sosial dan kecepatan informasi. Mereka juga tertarik dengan pengembangan diri dan ekspresi kreatif.

Bagaimana Seharusnya Memimpin Generasi Z?

1. Memahami Semangat Bekerja dari Generasi
Secara naluriah manusia terdorong melakukan sesuatu yang baik dan mengembangkan dirinya. Dalam hal ini di tempat kerja, setiap kelompok generasi cenderung memiliki etos kerja yang dibangun sesuai pengalaman masing-masing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)