Data NIK Berbeda Saat Daftar SNMPTN 2022, Begini Solusi dari LTMPT

Minggu, 13 Februari 2022 - 22:49 WIB
loading...
Data NIK Berbeda Saat Daftar SNMPTN 2022, Begini Solusi dari LTMPT
Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi P. Widyobroto. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) 2022 akan mulai dibuka pada 14 Februari 2022 pukul 15.00 WIB. Siswa Diminta segera melakukan finalisasi pengisian data akun LTMPT dengan Simpan Permanen hingga unduh Bukti Permanen.

Namun, bagaimana jika data Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercatat dari sekolah masih berbeda dengan data asli di Kartu Keluarga (KK)? Bagaimana solusinya untuk mengatasi kepanikan ini?



NIK merupakan salah satu data yang dibutuhkan dalam pembuatan akun LTMPT agar dapat mendaftar SNMPTN 2022. Nah, beberapa siswa rupanya masih belum melakukan finalisasi akun LTMPT karena data NIK yang tercatat di Kartu Keluarga berbeda dengan yang diisikan sekolah ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi P. Widyobroto menjelaskan, data NIK di portal LTMPT diambil dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemdikbud. Data Pusdatin tersebut ditarik dari Dapodik. Ia mengatakan, jika sudah telanjur berbeda, data NIK bisa diperbaiki jika sudah diterima di perguruan tinggi.

"Finalisasi saja, nanti diperbaiki setelah diterima," kata Budi dalam Webinar 'Sosialisasi Daring Mekanisme Pendaftaran SNMPTN 2022' melalui kanal YouTube LTMPT Official, Minggu (13/2/2022).



Budi mengatakan, perbaikan data setelah diterima melalui SNMPTN 2022 juga berlaku untuk kondisi data nomor telepon berbeda dengan data aslinya.

Intinya, kata dia, jika ada kesalahan minor tidak masalah jika langsung finalisasi data. Namun, datanya hilang semua, tentu saja harus ada tahapan lagi, yakni dimulai dari sekolah. Selanjutnya, dari sekolah ke Dapodik, Dapodik ke Pusdatin, lalu pihaknya mengambil data dari Pusdatin untuk portal LTMPT.

Budi juga menjelaskan, siswa yang diterima di perguruan tinggi tujuan melalui SNMPTN 2022 dapat mengurus perbaikan data NIK saat registrasi di perguruan tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2505 seconds (0.1#10.140)