UMB dan Universiti Sains of Malaysia Asah Kompetensi Gen Z di Era Globalisasi

Selasa, 15 Februari 2022 - 20:20 WIB
loading...
UMB dan Universiti Sains of Malaysia Asah Kompetensi Gen Z di Era Globalisasi
Prodi Magister Akuntansi dan S1 Akuntansi UMB kolaborasi dengan School of Management dan School of Business Universiti Sains of Malaysia. Foto/Dok/UMB
A A A
JAKARTA - Program Studi Magister Akuntansi dan S1 Akuntansi Universitas Mercu Buana ( UMB ) kolaborasi dengan School of Management dan School of Business Universiti Sains of Malaysia. Kerja sama yang bertema 'Enhancing Competency Among Gen Z in Digitalization Era' dalam rangka kegiatan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswi SMK dan SMA di berbagai wilayah Jakarta dan sekitarnya, di antaranya SMK Muhammadiyah 9 Jakarta Selatan, SMK N 25 Jakarta Selatan, SMK Satria Jakarta Barat, SMK N 9 Jakarta Barat, SMK N 22 Jakarta Timur, SMK Al Ihsan Jakarta Barat dan SMA Surya Bangsa.



Dalam pelaksanaannya, kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 200 peserta ini, dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Dr. Erna Sofriana Imaningsih, M.Si. "Generasi Z harus bisa berinovasi dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kemampuan diri," katanya dalam keterangan pers, Selasa (15/2/2022).

Selain dekan, hadir pula Kepala Biro Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Publikasi Universitas Mercu Buana Dr. Ir. Sawarni Hasibuan, MT. dan Kepala SMK Al Ihsan Jakarta Barat Drs. Ujang Thohary, MM. selaku perwakilan dari sekolah yang berpartisipasi.

Kegiatan ini turut menghadirkan 2 keynote speaker dari Universiti Sains of Malaysia, Assoc. Prof. Dr. Anees Janee Ali dan Assoc. Prof. Dr. Salmi Moh Isa. Dalam kesempatan tersebut, Assoc. Prof. Dr. Anees Janee Ali menjelaskan bagaimana menjadi public speaker bagi generasi Z yang dituntut untuk fokus dan kreatif dalam memanfaatkan teknologi.



Masih membahas tentang Gen Z, Assoc. Prof. Dr. Salmi Moh Isa memaparkan materi tentang karakteristik generasi Z dalam berdampingan dengan teknologi serta harus mampu berfikir kreatif, inovatif, dan berwirausaha.

Sesuai dengan tema, hampir seluruh materi yang dibawakan oleh 18 narasumber dosen UMB membahas materi yang berkaitan dengan digitalisasi dan Gen Z. Seperti pendidikan investasi secara syariah untuk Gen Z, pendidikan anti korupsi, accounting value ethics, digital entrepreneurship, digital marketing dan digital accounting (accounting software Accurate).

Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diisi oleh 18 narasumber di antaranya Ketua Program Studi Magister Akuntansi Dr. Dwi Asih Surjandari, MM., Ak; Ketua Program Studi S1 Akuntansi Dr. Hari Setiyawati, Ak., M.Si; Shinta Melzatia, SE., M.Ak; Prof. Wiwik Utami, Ak., MS., CA; Rieke Pernamasari, SE., M.Ak; Giawan Nur Fitria, SE., M.Ak; dan Riaty Handayani, SE., M.Ak.

Lainnya, Sri Purwaningsih, SE.,M.Ak; Siti Sarpingah, SE., M.Ak; Putri Dwi Wahyuni, SE., M.Ak; Retno Puji Astuti, SE., M.Ak; Dr. Adli Anwar, M.Si yang dibantu oleh Ketua Kelompok Riset dan Pengabdian Masyarakat Dr. Nurul Hidayah, SE., M.Si; Wieta Chairunesia, SE., M.Ak.; Rista Bintara, SE., M.Ak; Annisa Hakim Z, S.Pd., M.Sc.; Angela Dirman, SE., M.Ak; Fransisca Listyaningsih Utami, SE., M.Ak.; Dr. Erna Setiany, SE., M.Si; dan Rini Marlina, SE., M.Ak.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu mengajak Gen Z untuk terus meningkatkan kompetensi diri untuk menghadapi era digital dengan memanfaatkan sisi positif dari teknologi, di mana kreativitas dan inovasi terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia yang juga terus berkembang.

Selain itu, peserta diajak untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur di era digital demi membantu pemerintah dalam menambah lapangan pekerjaan. Tentunya peserta juga dihimbau untuk memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan etika yang berlaku ketika sudah terjun di dunia profesional khususnya akuntansi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3717 seconds (0.1#10.140)