Mahasiswa, Ini Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertambangan dan Kisaran Gajinya

Senin, 21 Februari 2022 - 13:44 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertambangan dan Kisaran Gajinya
Peluang gaji dan profesi lulusan teknik pertambangan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lulusan Teknik Pertambangan memiliki peluang gaji yang menjanjikan. Selain bergaji besar, prospek kerja lulusan teknik yang satu ini pun juga terbuka lebar di berbagai bidang.

Teknik Pertambangan adalah salah satu cabang dari disiplin ilmu teknik yang berfokus pada ilmu-ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian atau sumber daya mineral dan batu bara. Sumber daya mineral sendiri, contohnya antara lain emas, perak, aluminium, besi, dan sebagainya.

Melansir dari laman Ruangguru di ruangguru.com, program studi Teknik Pertambangan ini akan mempelajari berbagai proses terkait pertambangan. Proses-proses pertambangan terdiri atas kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, hingga pemasaran hasil tambang.

Baca: Calon Mahasiswa, Ini 17 Jurusan Teknik yang Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Indonesia yang menyimpan kekayaan alam berupa bahan tambang yang sangat melimpah seperti logam mulia dan batu bara ini pun akan banyak membutuhkan lulusan Teknik Pertambangan untuk dapat mengolah dan mengelola bahan tambang tersebut dengan baik.

Perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan pertambangan terbentang dari perguruan tinggi negeri hingga perguruan tinggi swasta. Diantaranya Institut Teknologi Bandung, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Sriwijaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Trisakti, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara hingga Universitas Cendrawasih.

Mengenal jurusan Teknik Pertambangan tidak lengkap jika tidak mengetahui bagaimana prospek kerjanya. Kuliah di jurusan Teknik Pertambangan ini bisa jadi batu loncatan untuk mengenal dunia pertambangan dengan lebih menyeluruh dan berkarier di dunia pertambangan.

Lulusan Teknik Pertambangan bisa berkarier di industri tembaga, batu bara, emas, timah, besi, nikel, dan lain sebagainya. Jurusan ini juga banyak diminati karena lulusannya memiliki prospek kerja yang menjanjikan dengan gaji yang tidak main-main.

Baca: Ini 6 Universitas Terbaik yang Lulusannya Gampang Dapat Pekerjaan, Mana Saja?

Umumnya, pendapatan untuk karyawan entry level di industri pertambangan, bisa mencapai kisaran lebih dari Rp110 juta rupiah per tahunnya. Namun perlu diingat, jumlah tersebut tentunya tetap tergantung dari kemampuan dan pengalaman yang dimiliki oleh masing-masing lulusan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)