Mengenal FKM Unair, Pelopor Berdirinya Fakultas Kesehatan Masyarakat di Indonesia

Rabu, 23 Februari 2022 - 14:01 WIB
loading...
Mengenal FKM Unair, Pelopor Berdirinya Fakultas Kesehatan Masyarakat di Indonesia
Universitas Airlangga (Unair). Foto/tangkap layar laman Unair
A A A
JAKARTA - Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga ( Unair ) Santi Martini menjelaskan program studi yang ada di FKM sudah terakreditasi A baik secara nasional atau internasional.

Hal ini disampaikan pada gelaran Airlangga Education Expo (AEE) 2022. Sejak 2015, Indonesia telah masuk menjadi bagian masyarakat ekonomi ASEAN. Oleh karena itu, sudah menjadi tanggung jawab FKM untuk memperkenalkan program studi FKM Unair sudah berstandar internasional.

Pendidikan di FKM Unair, lanjutnya, mampu menciptakan tenaga kesehatan masyarakat (kesmas) yang tidak hanya mumpuni di level nasional tapi juga di level global. “Lulusan FKM tidak hanya bisa bekerja di Indonesia tapi juga global,” katanya melansir laman Unair di unair.ac.id, Kamis (23/2/2022).

FKM Unair merupakan pelopor berdirinya FKM di kampus-kampus Indonesia. FKM menjadi pusat rujukan bagi pendidikan tinggi kesmas, yang memberi dampak terhadap kualitas hidup manusia di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Baca: Tel-U Peringkat 401+ Dunia versi THE Young University Ranking 2022

Terdapat delapan prodi di FKM yang sudah terakreditasi A oleh LAM-PTKes dan kurikulum S1 Kesehatan Masyarakat juga sudah terakreditasi internasional oleh APHEA dan bersertifikasi internasional oleh AUN-QA. FKM juga didukung dengan fasilitas penunjang kegiatan akademis mahasiswa.

Beberapa fasilitas itu antara lain laboratorium komputer, laboratorium epidemiologi, laboratorium gizi, laboratorium audio visual, laboratorium kesehatan lingkungan, laboratorium kesehatan dan keselamatan kerja.

Dalam bidang internasionalisasi, FKM juga melakukan kemitraan strategis dengan perguruan tertinggi terbaik. Di antaranya berasal dari Benua Asia, Australia, Eropa, dan Amerika.

Di masa pandemi Covid-19, perkuliahan FKM menggunakan sistem hybrid. Untuk menyiapkan lulusan di era industry 4.0 dan society 5.0, FKM juga turut mendukung penuh Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek.

Baca juga: Ini 5 Etika Mengirim Email ke Dosen yang Wajib Diketahui Mahasiswa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3037 seconds (0.1#10.140)