Ini 4 Tips Melamar Kerja dengan IPK Kecil

Kamis, 24 Februari 2022 - 11:50 WIB
loading...
Ini 4 Tips Melamar Kerja dengan IPK Kecil
4 tips melamar kerja dengan IPK kecil. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Melamar pekerjaan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang kecil memang bisa menjadi satu persoalan. Namun mahasiswa ataupun lulusan baru tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mensiasatinya untuk mendapat pekerjaan di perusahaan impian.

Kalau kamu lulusan baru dengan IPK rendah, jangan patah semangat dan juga jangan rendah diri ketika sudah waktunya melamar kerja. Sebab sejatinya dunia kerja itu membutuhkan orang-orang yang mempunyai komitmen untuk belajar dan berkembang.

Selain itu, IPK juga bukan menjadi satu-satunya tolak ukur dalam menilai profesionalitas kerja, kreativitas, teamwork, kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan komunikasi, dan keterampilan lainnya.

Baca: Lulusan Sastra Jepang Banyak Dicari Perusahaan Jepang, Gaji Ratusan Juta

Maka dari itu, IPK rendah bukanlah akhir dari dunia. Melansir dari laman TopKarir, berikut ini tips melamar pekerjaan bagi lulusan dengan IPK kecil agar bisa mengejar mimpinya.

1. Mulailah dengan mencari pekerjaan untuk posisi magang

Pengalaman kerja menjadi poin yang lebih diutamakan banyak perusahaan dibanding nilai akademis yang sempurna. Memiliki pengalaman magang di beberapa perusahaan akan menambah value dan wujud kompetensi yang dimiliki.

Perusahaan tidak akan menghiraukan seberapa besar atau rendahnya IPK jika kandidat memiliki pengalaman magang sebagai nilai profesionalitas dalam bekerja, terlebih kalau pernah magang di perusahaan ternama.

2. Bergabung dengan kegiatan sukarelawan

Punya banyak pengalaman sebagai sukarelawan dalam berbagai kegiatan juga bisa dijadikan senjata untuk menaklukan recruiter. Pengalaman kerja dan keaktifan sebagai bagian dari kegiatan-kegiatan sosial menjadi nilai lebih di mata perusahaan.

Baca juga: 6 Soft Skill Sebelum Masuk Dunia Kerja yang Perlu Diketahui Mahasiswa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3511 seconds (0.1#10.140)