5 Tips Jitu Persiapan UTBK SBMPTN 2022

Sabtu, 26 Februari 2022 - 12:23 WIB
loading...
5 Tips Jitu Persiapan UTBK SBMPTN 2022
Tips persiapan UTBK SBMPTN 2022. Foto/tangkap layar laman LTMPT
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) akan dibuka 23 Maret 2022. Sedangkan pelaksaan UTBKnya dimulai 17 Mei 2022 nanti. Persiapan pun mesti dilakukan sedini mungkin di seleksi yang dikenal ketat ini.

UTBK sendiri merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan Lembaga Tes Perguruan Tinggi ( LTMPT ). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Pelaksanaan UTBK SBMTPTN oleh LTMPT dinilai memiliki keunggulan karena hasil tes kredibel, terstandar dan nilai diberikan secara individu kepada peserta. Pada beberapa ujian mandiri yang diselenggarakan PTN pun ada yang memakai hasil UTBK sebagai bahan penilaian.

Baca: Ingin Kuliah di IPB, Ini Nilai UTBK-SBMPTN Rata-rata Aman yang Harus Dicapai

Oleh karena itu, bagi para pejuang kuliah yang akan mengikuti UTBK SBMPTN 2022 ada baiknya mempersiapkan segalanya sedini mungkin. Tidak hanya persiapan mental namun juga mempelajari soal-soal yang akan diteskan nanti.

Melansir dari laman Brain Academy di brainacademy.id, berikut ini lima tips persiapan untuk menghadapi UTBK SBMPTN 2022.

1. Siapkan Mental

Mental menjadi faktor pertama keberhasilan calon mahasiswa di UTBK. Banyak di antara kita yang terlanjur overthinking dan akhirnya buang-buang waktu buat memikirkan kegagalan dibanding keberhasilan.

Kalimat seperti "Kayaknya nggak mungkin deh aku masuk ITB," atau "Aku nggak sanggup ngerjain latihan soal sebanyak ini," harus di buang jauh-jauh. Fokus dengan apa yang ingin digapai. Lolos atau tidaknya jadi urusan belakangan. Yakinkan bahwa kalian pasti bisa.

2. Membuat Target atau Rencana Belajar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)