7 Keuntungan Ikut Tryout UTBK SBMPTN, No 4 Bikin Mantap Pilih Jurusan

Senin, 28 Februari 2022 - 11:35 WIB
loading...
7 Keuntungan Ikut Tryout UTBK SBMPTN, No 4 Bikin Mantap Pilih Jurusan
7 keuntungan ikut tryout UTBK SBMPTN. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) menjadi ajang seleksi masuk PTN yang paling dinanti para calon mahasiswa . Segala persiapan pun dilakukan agar bisa masuk ke PTN impian.

Hasil tes UTBK SBMPTN juga akan sangat menentukan tempat kuliah nantinya. Untuk itu, para pejuang kuliah pun harus melakukan persiapan yang matang, seperti mengikuti tryout yang diselenggarakan berbagai macam lembaga.

Melansir laman Ruangguru di ruangguru.com, berikut ini beberapa keuntungan mengikuti tryout UTBK SBMPTN yang perlu para pejuang kuliah ketahui.

Baca: Akan Ditutup Hari Ini, Segera Lakukan Pendaftaran SNMPTN 2022

1. Mengukur kemampuan

Manfaat penting pertama yang akan didapatkan dari tryout adalah mengukur kemampuan. Ingat, persaingan di UTBK SBMPTN atau Ujian Mandiri tidaklah sedikit dan tentunya calon mahasiswa lain juga sudah berusaha maksimal agar bisa diterima di kampus impian.

Dengan mengikuti tryout, kalian akan memiliki gambaran di mana posisimu di antara para peserta tryout lainnya. Selain juga bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam mengerjakan soal. Hal ini penting agar bisa lebih siap dalam menghadapi ujian nantinya.

2. Berlatih lebih banyak soal

Soal tryout dibuat sebagai sarana latihan sebelum mengikuti tes yang sebenarnya. Selain itu juga jadi bisa memperkirakan bentuk soal yang akan diujikan nanti.

Selain itu, soal UTBK umumnya jauh lebih sulit dibandingkan soal ujian lainnya. Maka latihan beragam soal melalui tryout akan sangat membantu supaya bisa mengerjakan berbagai tipe soal.

3. Belajar manajemen waktu dalam mengerjakan soal

UTBK SBMPTN memiliki jumlah soal yang cukup banyak dengan waktu pengerjaan yang terbatas. Mayoritas peserta UTBK tidak terbiasa dengan durasi pengerjaan soal yang diberikan, sehingga tanpa disadari waktu berakhir begitu cepat.

Oleh sebab itu, peserta perlu menguasai trik manajemen waktu yang baik dalam mengerjakan soal. Terlalu fokus mengerjakan soal sulit akan membuat kamu kehabisan waktu.

Atur waktu dalam mengerjakan soal. Misalnya, 2 menit untuk setiap soal. Jika sudah melebihi waktu, jangan terpaku pada soal sulit tersebut. Lanjutkan mengerjakan soal lainnya dan kembali kerjakan soal yang belum dikerjakan di sisa waktu.

Baca juga: UI Luluskan 4.175 Wisudawan, Ini Pesan Wakil Presiden

4. Hasil tryout dapat menjadi bahan pertimbangan memilih jurusan

Hasil tryout bisa dijadikan bahan pertimbangan, apakah kamu mampu menembus jurusan yang diinginkan atau tidak. Jika sudah berkali-kali mengikuti tryout dan hasilnya tidak meningkat, maka kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk memilih jurusan lain atau belajar lebih giat untuk bisa mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

5. Melatih daya konsentrasi

Apakah kamu pernah merasa gugup saat akan mengerjakan soal ujian? Beberapa orang yang tidak pernah mengikuti tryout akan merasa panik saat dihadapkan dengan soal UTBK. Nah, salah satu manfaat tryout adalah melatih kemampuan diri dan menyiapkan strategi yang tepat untuk mengerjakan soal nantinya.

Tryout juga akan melatih untuk beradaptasi mengerjakan soal-soal sulit dalam waktu yang terbatas. Dengan begitu, ketika mengerjakan soal UTBK yang sebenarnya kalian sudah terbiasa dan bisa mengerjakan dengan penuh konsentrasi.

6. Menguatkan mental untuk menghadapi ujian

Tidak hanya persiapan materi saja yang harus dilakukan, tetapi juga persiapan mental. Usahamu selama berbulan-bulan akan ditentukan di hari ujian nanti. Wajar saja kalian akan merasa takut, cemas, gugup, atau khawatir akan hasil yang akan didapatkan. Beban mental ini harus bisa dikelola dengan baik agar tidak mempengaruhi performa saat mengerjakan soal UTBK.

7. Mengasah otak

Tryout demi tryout yang dijalani tentu akan semakin mematangkan persiapan kamu dalam menghadapi UTBK SBMPTN. Salah satu manfaat lain yang bisa dirasakan adalah membuat otak menjadi lebih terbiasa menghadapi beragam soal ujian yang belum pernah kamu temui sebelumnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)