Rektor IPB University Dapat Gelar Kehormatan Joguru Malamo dari Sultan Ternate

Senin, 28 Februari 2022 - 18:26 WIB
loading...
Rektor IPB University Dapat Gelar Kehormatan Joguru Malamo dari Sultan Ternate
Rektor IPB University mendapat gelar kehormatan dari Sultan Ternate. Foto/Dok/IPB University
A A A
JAKARTA - Rektor IPB University Profesor Arif Satria, yang juga Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia ( ICMI ) Pusat melakukan kunjungan ke kedaton Kesultanan Ternate. Kunjungannya itu disambut langsung oleh Sultan Ternate Hidayatullah Sjah.

Dalam kunjungannya, Prof Arif Satria menerima gelar Joguru Malamo atau Guru Besar. Gelar ini disematkan langsung oleh Sultan Ternate. Prosesi pemberian gelar adat dilakukan dengan persetujuan Dewan Adat Kesultanan Ternate dan dihadiri oleh sejumlah perangkat adat.

Gelar kehormatan ini diberikan atas dasar pengabdian serta kontribusi orang-orang berilmu di dunia pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam kunjungannnya itu, Prof Arif Satria juga mengisi kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri Ternate.

Baca: Siswa-siswi SMA Ini Cicipi Rasanya Kuliah Online Sehari di IPB University

Kuliah umum mengangkat tema “Transformasi Sosial dan Ikhtiar Membangun Masa Depan Kemanusiaan dan Peradaban.” Ia juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertemu dengan Alumni IPB University di Ternate.

Sementara, Prof Arif Satria mengatakan, gelar adat yang disematkan padanya menjadi gelar pertama dari masyarakat adat. Ia pun mengapresiasi Sultan Hidayatullah atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

“Ini merupakan kepercayaan, Insya Allah kita akan perkuat untuk menjalankan amanah ke depan,” kata Arif usai prosesi penyerahan gelar adat melalui siaran pers, Senin (28/2/2022).

Selain mendapat gelar adat, Prof Arif Satria juga menjalin kerja sama dengan Kesultanan Ternate. Melalui kerja sama yang terjalin, diharapkan dapat menjadi solusi dan inspirasi atas masalah-masalah yang terjadi di daerah maupun nasional. Terutama Kesultanan Ternate punya posisi penting dalam sejarah panjang di Nusantara dan berfungsi menstabilkan masyarakat.

“Daya transformasi Kesultanan Ternate itu perlu kita perkuat karena banyak kearifan lokal dan luhur di kerajaan ini yang harus kita tebarkan kepada masyarakat,” paparnya.

Baca juga: Transformasi, IPB University Hadirkan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis

Rektor IPB University itu mengaku, saat ini pihaknya sedang mencoba mengembangkan budidaya kenari sebagai komoditi lokal yang banyak tumbuh di Pulau Makian, Halmahera Selatan.

“Sekarang sedang kita pikirkan, tentunya melalui riset, bagaimana membudidayakan kenari agar lebih cepat dan efisien,” tambah Prof Arif Satria.

Sultan Hidayatullah Sjah berharap, penganugerahan gelar adat tersebut dapat mempererat hubungan antara Kesultanan Ternate dengan IPB University dalam berbagai kerja sama.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)