Calon Maba, Simak Keunggulan Jurusan Teknik Komputer IPB University

Kamis, 03 Maret 2022 - 13:49 WIB
loading...
Calon Maba, Simak Keunggulan Jurusan Teknik Komputer IPB University
IPB University. Foto/Dok/IPB University
A A A
JAKARTA - Program studi Teknik Komputer IPB University menjadi salah satu jurusan di bawah Sekolah Vokasi. Prodi ini pun turut serta menginisiasi dan menguatkan techno-entrepreneurial dalam bidang pertanian melalui pendekatan aspek teknologi dan kewirausahaan secara komprehensif dan terintegrasi.

Diketahui, program studi (prodi) Teknik Komputer memiliki tujuan untuk menghasilkan tenaga ahli madya yang mampu mengimplementasikan sistem berbasis komputer dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika dalam rangka mendukung era agroindustri.

“Kami telah melakukan kolaborasi multidisiplin antar program studi di Sekolah Vokasi IPB University, mitra industri dan teaching factory dalam rangka mendukung smart farming for industry 4.0 dalam hal penyiapan teknologi piranti cerdas,” ujar Ketua Program Studi Teknik Komputer IPB University Inna Novianty melansir laman IPB University, Kamis (3/3/2022).

Baca: Ini 10 Prodi Terfavorit dan Terketat UNNES di SNMPTN 2022

Menurutnya, berbagai kompetensi bisa didapatkan mahasiswa ketika lulus dari prodi Teknik Komputer. Kompetensi tersebut antara lain, lulusannya mampu menguasai prinsip kerja sensor pada implementasi peralatan elektronik di bidang Pengantar Agroindustri (Smart Farming) yang diintegrasikan dengan teknologi berbasis IoT (Internet of Things).

“Para lulusan juga diharapkan untuk bisa menguasai konsep teoritis dan prinsip kerja pada sistem dan infrastruktur jaringan komputer pada skala Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN)," imbuhnya.

Ia menambahkan, kemampuan maupun kompetensi yang didapat juga didukung oleh fasilitas modern. Jurusan ini memiliki Laboratorium Digital Innovation Center, Laboratorium Jaringan Komputer dan Digital Campus Workshop (DCW). Fasilitas laboratorium tersebut bertujuan mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa di bidang teknologi berbasis Internet of Things.

Selain itu, prodi Teknik Komputer juga memiliki fasilitas laboratorium bersama program studi lain berupa Laboratorium Data Analyst and Visualization (DAV) dan server repository.

“Berbagai prestasi gemilang juga didapat oleh Program Studi Teknik Komputer, baik mahasiswa maupun dosennya," tambah Inna.

Inna melanjutkan, pada 2021 prodi ini berhasil mendapat penghargaan sebagai Program Studi Vokasi dengan Kinerja Kemahasiswaan Terbaik pada ajang IPB Awarding Day. Juga menjadi salah satu prodi peraih Dana Kompetitif Pengembangan Sarjana Terapan Berbasis Industri (PSTBI) 2021 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)