Wajib Tahu, Ini 7 Tips Persiapan Seleksi Wawancara Beasiswa LPDP

Kamis, 03 Maret 2022 - 15:47 WIB
loading...
Wajib Tahu, Ini 7 Tips Persiapan Seleksi Wawancara Beasiswa LPDP
7 tips persiapan seleksi wawancara beasiswa LPDP. Foto/Tangkap layar laman LPDP
A A A
JAKARTA - Pendaftaran beasiswa LPDP 2022 telah dibuka sejak 25 Februari 2022. Untuk lolos persaingan di beasiswa bergengsi ini tentu memerlukan persiapan. Baik kelengkapan administrasi dan juga mental.

Sebagai bagian dari pembangunan SDM Indonesia, LPDP memberikan kesempatan kepada anak bangsa untuk mengembangkan kompetensi, pendidikan, dan riset strategis.

Instagram LPDP @lpdp_ri menyebutkan, sejak 2013, LPDP telah menerima 29.872 putra-putri terbaik bangsa untuk melanjutkan studi pada berbagai perguruan tinggi terbaik dunia.

Beasiswa LPDP tidak hanya memberangkatkan mahasiswa jenjang magister ke kampus pilihan. Namun juga mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke jenjang doktoral ke berbagai perguruan tinggi terbaik.

Tahap akhir dari seleksi beasiswa ini dan merupakan salah satu tahap yang menentukan apakah layak menjadi awardee beasiswa LPDP atau tidak adalah seleksi wawancara.

Baca: Daftar Beasiswa LPDP 2022, Begini Ketentuan untuk LoA Unconditional

Mengutip laman Schoters di schoters.com, berikut ini 7 tips persiapan yang akan membantu para pejuang beasiswa dalam mengikuti seleksi wawancara beasiswa LPDP.

1. Kuasai apa yang telah ditulis di curriculum vitae (CV)

Sama halnya dengan CV untuk melamar kerja, isi dari formulir pendaftaran untuk beasiswa LPDP harus merupakan pengalaman nyata pribadi dan tidak dilebih-lebihkan. Setiap peserta pasti memiliki pengalaman yang berbeda-beda maka kuasai pertanyaan seputar CV itu dengan baik.

Biasanya, dalam sesi wawancara peserta akan ditanya seputar pengalaman organisasi, kepemimpinan, dan prestasi. Selain itu juga ada pertanyaan mengenai penilaian diri, rencana studi di universitas tujuan, rencana kontribusi, dan masih banyak lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2757 seconds (0.1#10.140)