Pendaftar SNMPTN 2022 Unesa Naik Signifikan, Manajemen Tertinggi

Jum'at, 04 Maret 2022 - 09:02 WIB
loading...
Pendaftar SNMPTN 2022 Unesa Naik Signifikan, Manajemen Tertinggi
Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Foto/Tangkap layar laman Unesa.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) 2022 telah resmi ditutup. Tercatat, jumlah pendaftar ke Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) jalur SNMPTN tahun ini mengalami kenaikan signifikan.

Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), ada sebanyak 30.389 pendaftar yang memilih Unesa sebagai kampus tujuan. Hal ini jauh berbeda dengan SNMPTN 2021 yang berjumlah 24.091 pendaftar.

Ketua Satuan Admisi Unesa Dr. Sukarmin mengatakan, meningkatnya jumlah pendaftar tersebut menunjukkan naiknya animo masyarakat atau anak-anak muda untuk belajar di perguruan tinggi di satu sisi dan gencarnya sosialisasi dan promosi di sisi lain.

Baca: Ditjen Diktiristek Kembali Buka Program PKL untuk Mahasiswa, Cek Syarat dan Formasinya

Sukarmin menambahkan, naiknya jumlah pendaftar tersebut berdampak pada tingkat persaingan di masing-masing program studi (prodi). Adapun program studi dengan peminatan tertinggi jalur SNMPTN di Unesa yaitu;

1. Prodi S1 Manajemen
2. Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
3. Prodi S1 Psikologi
4. Prodi S1 Gizi
5. Prodi S1 Ilmu Komunikasi
6. Prodi S1 Ilmu Hukum
7. Prodi S1 Akuntansi
8. Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara
9. Prodi S1 Bisnis Digital
10. Prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 7 Tips Persiapan Seleksi Wawancara Beasiswa LPDP

“Prodi S1 Manajemen menjadi jurusan pendaftar SNMPTN terbanyak dengan 2.164 peserta, disusul prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan 1.410 peserta dan S1 Psikologi sebanyak 1.366 peserta. Meskin naik jumlahnya, tetapi tahun ini Unesa juga menambah daya tampung untuk semua jalur,” terang Sukarmin.

Penambahan kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan yang luas kepada putra dan putri terbaik Tanah Air untuk meneruskan pendidikan di perguruan tinggi.

“Kita bisa lihat, geliat anak-anak muda untuk kuliah semakin meningkat. Kuliah memang selain kebutuhan belajar, kompetensi juga menjadi tuntutan zaman,” terangnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0822 seconds (0.1#10.140)