Mau Lolos UTBK SBMPTN 2022? Begini Tips dari Rektor UNS

Selasa, 08 Maret 2022 - 18:57 WIB
loading...
Mau Lolos UTBK SBMPTN 2022? Begini Tips dari Rektor UNS
Ilustrasi UTBK SBMPTN. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) akan dibuka 23 Maret 2022 mendatang. SBMPTN akan dilaksanakan dengan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ). Tentunya supaya berpeluang lolos UTBK SBMPTN 2022 harus ditempuh dengan persiapan yang matang.

“Siap menghadapi UTBK SBMPTN 2022 ditandai dengan usaha, kerja keras, dan tidak boleh malas saat belajar. Senantiasa membandingkan kemampuan diri sendiri. Apakah ada kemajuan atau tidak setiap harinya,” ungkap Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho melansir laman resmi UNS, Selasa (8/3/2022).

Baca: Ingat, Masuk UI Jalur PPKB dan Talent Scouting Ditutup Hari Ini Pukul 23.59 WIB

Di sela-sela menjadi narasumber dalam Parade Tanya Master Kampus, Prof. Jamal menambahkan, tingkat keketatan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu tinggi dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Maka, kuncinya ada pada persiapan yang baik dan matang.

Pada acara tersebut, Prof. Jamal turut membeberkan tips bagaimana menghadapi UTBK SBMPTN 2022.

Baca juga: Peluncuran Beasiswa Semesta Senilai Rp1 Miliar, Ini Syarat dan Cara Daftar

Adapun tips sebagaimana yang diungkapkan Prof. Jamal yakni, mengenali minat dan kompetensi diri, menggali PTN dan Program Studi (Prodi) beserta daya tampungnya melalui website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), serta melakukan simulasi atau tryout juga perbanyak latihan soal mandiri.

“Siapa yang tidak siap, berpeluang akan kalah lebih besar. Dengan demikian, siapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi SBMPTN 2022 melalui jalur UTBK. Siapkan juga mental dan religi dengan baik. Senantiasa berdoa dan berusaha yang keras,” terangnya.

“Pilihlah prodi yang cocok dan sesuai dengan kemampuan. Jangan mudah terbujuk rayu atau tergoda oleh orang lain. Saya doakan kalian sukses melalui jalur UTBK SBMPTN 2022,” pungkas Prof. Jamal.
(nz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2259 seconds (11.97#12.26)