FMIPA UI Mantapkan Posisi di Level Global dengan Akreditasi Internasional ASIIN

Selasa, 08 Maret 2022 - 23:21 WIB
loading...
FMIPA UI Mantapkan Posisi di Level Global dengan Akreditasi Internasional ASIIN
FMIPA UI mengusulkan 4 Program Studi (Prodi) Sarjana untuk mendapatkan akreditasi internasional ASIIN. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia ( FMIPA UI ) mengusulkan 4 Program Studi (Prodi) Sarjana untuk mendapatkan akreditasi internasional ASIIN.

Hal ini merupakan suatu upaya untuk memantapkan posisi FMIPA UI di tingkat internasional, degan mengajukan empat prodi tersebut, yakni Matematika, Fisika, Biologi, dan Geografi.



ASIIN merupakan lembaga akreditasi internasional independen yang berbasis di Jerman untuk penjaminan kualitas suatu program bergelar dalam displin ilmu teknik, informatika, ilmu alam, dan matematika.

Sejak 2000, ASIIN memiliki hak untuk memberikan stempel akreditasi dari Dewan Akreditasi Jerman, selain stempel kualitas ASIIN. ASIIN terdaftar dalam The European Quality Assurance Register for Higher Education (EQAR) hingga 31 Agustus 2026. EQAR termasuk dalam daftar register akreditasi yang diakui oleh pemerintah Indonesia.

Keempat prodi tersebut mulai menjalani rangkaian visitasi/audit oleh peer review/ tim asesor ASSIN secara daring pada 21-23 Februari 2022.



Tim Peers ASIIN terdiri dari tujuh asesor, yaitu Prof. Dr. Péter Bagoly-Simó (Geography - Humboldt-University Berlin), Prof. Dr. Robert Hänsch (Biology - Technical University Braunschweig), Prof. Dr. Roth Stefan (Physics - RWTH Aachen University), Prof. Dr. Frank Loose (Mathematics - University of Tübingen), Silke Bargstädt-Franke (Industry - Federal Office for Information Security), Luthfia Hastifa (Student – Hasanuddin University), dan Dr. Daniel Seegers (Secretariat - ASIIN).

Hadir dalam visitasi tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc., Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K), Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA., dan para Direktur/Kepala Unit di Lingkungan Pusat Administrasi Universitas.

Dalam pidato sambutannya, Prof. Abdul Haris menyampaikan bahwa Universitas Indonesia selalu berkomitmen untuk beradaptasi dan berinovasi serta mendorong mahasiswa untuk memperoleh keunggulan kompetitif global, dan mengeksplorasi potensi mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)