Mahasiswa UNY Gagas Maze Of History Agar Pembelajaran Sejarah Semakin Menarik

Rabu, 09 Maret 2022 - 15:35 WIB
loading...
Mahasiswa UNY Gagas Maze Of History Agar Pembelajaran Sejarah Semakin Menarik
Anggota kelompok Maze of History. Foto/Tangkap layar laman UNY
A A A
JAKARTA - Tim mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ) mengagas ide membuat media pembelajaran bernama Maze of History. Mereka membuat aplikasi permainan edukasi berbasis labirin agar pembelajaran sejarah semakin menarik dipelajari oleh para siswa .

Mata pelajaran sejarah menjadi pelajaran yang kurang diminati siswa, terlebih untuk siswa SMA atau sederajat. Padahal penanaman nilai-nilai sejarah dapat ditanamkan melalui berbagai cara.

Sejalan dengan era digitalisasi seperti saat ini, penanaman nilai-nilai sejarah juga perlu dikolaborasikan dengan teknologi. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan permasalahan pembelajaran sejarah yang masih konvensional dan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran.

Sekelompok mahasiswa UNY pun mempunyai ide membuat sebuah media pembelajaran yang berjudul Maze of History, yang merupakan aplikasi permainan edukasi berbasis labirin untuk meningkatkan minat belajar sejarah berbasis Android.

Tim mahasiswa UNY itu adalah Fitri Astuti dan Raras Dhina Pangesti dari program studi Pendidikan Sejarah dan Muhammad Faizud Daroin dan program studi pendidikan Teknik Informatika.

Baca: Selain PTN, Ini 8 Sekolah Kedinasan Favorit untuk Melanjutkan Studi

Menurut Fitri Astuti, Maze of History ini dirancang dengan konsep game dengan latar belakang kerajaan. “Materi mengenai kerajaan ini disajikan dalam bentuk aplikasi game karena selama ini materi sejarah khususnya bagian kerajaan jumlahnya banyak sehingga membosankan untuk dipelajari oleh peserta didik” katanya melansir laman resmi UNY, Rabu (9/3/2022).

Selain itu materi kerajaan juga penting untuk penanaman nilai karakter seperti nasionalisme, rela berkorban, kerja keras, dan lainnya. Melalui Maze of History ini diharapkan minat belajar sejarah yang mengandung nilai-nilai karakter akan semakin meningkat.

Raras Dhina Pangesti menambahkan Maze of History merupakan permainan edukasi sejarah di dalam android yang menggunakan platformer sebagai medianya. “Permainan edukasi ini berbentuk platformer yang merupakan salah satu dari sekian banyak jenis video permainan” katanya.

Platformer telah banyak digunakan dalam permainan modern yang saat ini sedang berkembang terutama pada gawai. Permainan yang menggunakan media berupa platformer mempunyai konsep karakter permainan melompat, berayun, atau memantul di antara platform yang berbentuk rintangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3459 seconds (0.1#10.140)