Suka Amati Konflik Rusia-Ukraina, Ini Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kalian

Senin, 14 Maret 2022 - 09:34 WIB
loading...
Suka Amati Konflik Rusia-Ukraina, Ini Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kalian
Jurusan hubungan internasional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina menarik perhatian dunia. Dengan gembar-gembor potensi Perang Dunia III, semua orang berlomba-lomba mengulik apa yang sebenarnya melatarbelakangi konflik tersebut.

Bahkan mereka yang tadinya tidak tahu, jadi penasaran untuk ikut membaca rangkuman dan riset sana-sini. Konflik antarnegara sejatinya menarik untuk diamati dan dicari tahu solusinya seperti apa.



Untuk itu, bagi kalian yang tertarik ingin mempelajari bagaimana dua negara atau lebih bisa berseteru, dapat memilih jurusan- jurusan kuliah berikut.

1. Ilmu Politik

Disadur dari Zenius, jurusan Ilmu Politik mempelajari bagaimana seluk-beluk sebuah politik terjadi, termasuk fenomena perebutan kekuasaan dan kompetisi untuk mempertahankan kekuasaan yang saat ini dilangsungkan demi kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

Jadi, mahasiswa Ilmu Politik akan mempelajari dasar-dasar politik, perilaku politik, hingga praktiknya dalam masyarakat.



Dalam kasus ini, Ilmu Politik berperan dalam mempelajari bagaimana politik bisa memengaruhi sebuah negara, hingga akhirnya berkonflik dengan negara lain, demi mempertahankan keutuhan diri mereka sendiri.

Untuk materi yang menyoroti isu global sendiri, ada di mata kuliah politik internasional yang mencakup geopolitik, ekonomi politik, politik luar negeri, dan lain-lain. Biasanya mahasiswa akan diberi tugas untuk menganalisis perbedaan praktik politik dari dua negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2634 seconds (0.1#10.140)