Universitas Telkom dan ITB Sinergi Bangun Forum Alumni Bandung

Senin, 14 Maret 2022 - 23:12 WIB
loading...
Universitas Telkom dan ITB Sinergi Bangun Forum Alumni Bandung
Presiden FAST Sri Safitri dan Gembong Primadjaja (Ketua IA ITB) bersinergi untuk membentuk Forum Alumni Bandung. Foto/Dok/Fast
A A A
JAKARTA - Pembangunan Ibu Kota Nusantara ( IKN ) dan perkembangan teknologi dalam negeri membutuhkan kiprah dari seluruh elemen bangsa. Oleh karena itu, sinergi dan kolaborasi dari para alumni Universitas Telkom dan ITB perlu ditingkatkan agar bisa memberikan sumbangsihnya.

Hal itu diungkapkan Presiden Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) Sri Safitri saat mengadakan pertemuan dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) yang diketuai, Gembong Primadjaja, Jumat (11/3) di Sekretariat IA-ITB, Jakarta Selatan.



Dalam pertemuan yang diinisiasi FAST, untuk membangun silaturahmi sesama alumni perguruan tinggi asal Bandung itu berbagai gagasan dan isu dibahas. Antara lain, pembangunan Ibu Kota Nusantara; perkembangan teknologi dalam negeri; hingga kolaborasi antar organisasi alumni perguruan tinggi di Bandung

“Dalam rangka fokus pemerintah membangun IKN, keunggulan teknologi dan kemampuan sumber daya manusia unggul sangat penting, dan tantangannya adalah bagaimana caranya agar kita bisa melakukan tracking talent dari berbagai universitas semisal Universitas Telkom dan ITB sehingga kita bisa memberikan peran yang lebih kongkrit," ujar Sri Safitri.

Pertemuan kedua organisasi alumni dari perguruan tinggi yang fokus di bidang information and communications technology (ICT) tersebut juga membahas program kerja bersama. Antara lain, program sentra vaksinasi bersama; pengembangan bisnis alumni; dan juga pembentukan organisasi alumni perguruan tinggi se-Bandung Raya.



Kondisi pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung hampir tiga tahun serta berdampak terhadap perekonomian Indonesia pada umumnya dan sektor usaha dari pada alumni perlu dicarikan solusi dan menjadi program kerja bersama, seperti pelatihan, mentoring atau coaching clinic, bahkan penyertaan modal agar bisa membantu program pengembangan bisnis alumni.

Karena itu, pertemuan antara FAST dan IA-ITB merupakan langkah awal untuk menjalin kolaborasi dengan organisasi alumni perguruan tinggi di Bandung lainnya sehingga akan terbentuk Forum Alumni Bandung yang lebih luas yang manfaatnya bisa dirasakan alumni dan masyarakat.

“Silaturahmi dengan IA-ITB ini adalah pembuka. Saat ini kami juga membuka komunikasi dengan organisasi alumni lainnya di Bandung. Kami ingin memiliki kebermanfaatan bagi alumni dan masyarakat. Agar kebermanfaatan semakin meluas, maka diperlukan kolaborasi. Oleh karena itu, membangun Forum Alumni Bandung adalah langkah awal demi mewujudkan kolaborasi," tambah Sri Safitri.

Sejak terpilih menjadi Presiden FAST pada Rapat Umum Anggota (RUA) FAST 4 Desember 2021, Sri menjadi perempuan pertama yang memimpin organisasi dengan jumlah anggota sebanyak 62.150 tersebut. Pada Februari 2022, bersama FAST, ia menjadi pimpinan dan organisasi pertama di Indonesia yang dilantik di metaverse.

Dalam menakhodai FAST, Sri mengusung tagline ONE FAST yang merupakan akronim dari visinya yaitu menjadi organisasi yang luar biasa (Outstanding); membangun banyak jaringan (Networking); menjadi ikatan alumni terbaik (Excellence).
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2843 seconds (0.1#10.140)