Masih Bingung Tentukan Jurusan Kuliah? Intip Istimewanya Prodi Ekowisata IPB

Sabtu, 19 Maret 2022 - 13:11 WIB
loading...
Masih Bingung Tentukan Jurusan Kuliah? Intip Istimewanya Prodi Ekowisata IPB
Program studi ekowisata IPB University. Foto/Tangkap layar laman IPB University
A A A
JAKARTA - Program Studi (prodi) Ekowisata IPB University bertujuan menghasilkan lulusan terampil dan andal dalam bidang rekreasi alam dan ekowisata dengan dasar konservasi sumber daya alam. Prodi ini dibawah naungan Sekolah Vokasi IPB University.

“Prodi Ekowisata dibentuk dengan basis keilmuan konservasi sumberdaya dan pariwisata sehingga yang dipelajari dalam Prodi ini yaitu mengidentifikasi dan mengelola sumber daya sebagai daya tarik wisata dengan prinsip ekowisata melalui metode yang sesuai,” kata Ketua Program Studi Ekowisata Sekolah Vokasi IPB University Kania Sofiantina Rahayu mengutip laman resmi IPB University, Sabtu (19/3/2022).

“Mahasiswa akan diajarkan merancang program wisata juga mengkonservasi dan melindungi sumberdaya sebagai daya tarik wisata, tetapi tetap menjaga sumberdaya itu agar tidak rusak apalagi punah,” lanjutnya.

Baca: Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 Dibuka 23 Maret, Cek Cara Daftarnya

Menurutnya, laboratorium yang ada di Prodi Ekowisata berbeda dengan Prodi lainnya. Laboratorium Prodi Ekowisata sebagian besar merupakan alam terbuka, seperti hutan dan destinasi wisata, bahkan lingkungan masyarakat pun menjadi laboratorium.

“Karena kami menitikberatkan pada aspek alam dan peran aktif masyarakat sehingga mahasiswa lebih banyak melakukan kegiatan praktikum di luar kampus. Hal ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujarnya.

Selain itu, terdapat laboratorium komputer yang dilengkapi dengan software Sistem Informasi Geografis (SIG) serta studio ekowisata yang digunakan untuk tempat berkumpul mahasiswa mengimplementasikan berbagai praktik di dalam kampus. Ia menambahkan, penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan kegiatan utama pada Prodi Ekowisata yang terintegrasi antara mahasiswa dan dosen.

Penelitian dan Pengabdian masyarakat yang kini tengah dijalankan Prodi Ekowisata tentunya disesuaikan dengan kebutuhan mitra Industri Dunia Kerja (IDUKA) guna menyukseskan kegiatan Link and Match yang saling memberikan keuntungan agar kualitas sumber daya manusia lebih meningkat.

“Selain berbasis konservasi, ekowisata pun berbasis keilmuan pariwisata yang sifatnya multidisiplin ilmu sehingga Prodi Ekowisata dapat menelaah sumber daya dari berbagai sudut pandang ilmu, seperti ekologi, ekonomi, sosial-budaya, pertanian, perikanan, geografi dan lainnya,” tuturnya.

Ia menjelaskan, prospek lapangan pekerjaan untuk Prodi Ekowisata seperti, kementerian, dinas dan intansi terkait pengembangan dan pembangunan kepariwisataan di Indonesia, dan juga BUMN dan BUMD terkait pembangunan dan pengembangan kepariwisataan.

Baca juga: Mahasiswa UNY Edukasi Warga Olah Tempe dari Biji Karet
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)