Kisah Perjuangan Susan, Mahasiswi Papua Nugini Raih Gelar Magister di Unsoed

Sabtu, 19 Maret 2022 - 15:47 WIB
loading...
Kisah Perjuangan Susan, Mahasiswi Papua Nugini Raih Gelar Magister di Unsoed
Susan, mahasiswi Unsoed dari Papua Nugini berhasil meraih gelar magister. Foto/Tangkap layar laman Unsoed.
A A A
JAKARTA - Wisuda ke-144 Universitas Jenderal Soedirman ( Unsoed ) kali ini terasa berbeda dari kegiatan wisuda sebelumnya. Sebab tahun ini ada satu mahasiswi asing yang berhasil lulus Pendidikan Program Magister Ilmu Manajemen.

Mahasiswi asing tersebut adalah Susan Gari yang berasal dari Papua Nugini. Susan memilih Unsoed sebagai tempat kuliahnya sejak pendidikan S1. Pada 2015, ia mendapatkan kesempatan emas menempuh pendidikan sarjana di Indonesia melalui program Beasiswa Unggulan bagi mahasiswa asing dari Kemenristekdikti.

Baca: Ada 3 Jalur Masuk Sekolah Vokasi UNS, Apa Saja?

Setelah menyelesaikan jenjang sarjana di Program Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed, Susan kembali mendapatkan beasiswa untuk program S2. Kali ini ia memperoleh Beasiswa Jenderal Soedirman Scholarship dari Unsoed. Susan memilih Program Magister Ilmu Manajemen untuk memperdalam pengetahuannya di bidang manajemen.

Selama kuliah di Unsoed, mulai 2015 sampai dengan 2022 (S1 dan S2) Susan mendapatkan banyak ilmu semenjak S1 di Manajemen Kelas Internasional. “Dosen-dosen Unsoed sangat profesional saat mengajar dan kualitasnya mantap, serta stafnya pun sangat baik dan ramah”, ungkapnya melansir laman resmi Unsoed, Sabtu (19/3/2022).

Baca juga: Cerita Musa, Mahasiswa Afrika Barat Jadi Lulusan Terbaik UMM

Susan mengatakan, tantangan yang dihadapi waktu awal menjalani kehidupan di kampus adalah kendala dalam memahami bahasa, lingkungan dan budaya.

Selama berkuliah di Unsoed Purwokerto, dia juga sangat terkesan dengan keramahan orang Banyumas. Susan juga berpesan kepada mahasiswa Unsoed terutama yang berasal dari luar negeri yaitu harus bergaul dengan mahasiswa lokal dan harus terbuka supaya bisa betah disini.

“Setelah menyelesaikan pendidikan ini saya mau pulang ke Papua Nugini, dan mencari pekerjaan supaya saya bisa membantu masyarakat disana dengan ilmu yang telah saya dapat di Unsoed,” pungkasnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)