Mau Berkarier di Bank Indonesia? Catat 5 Kriterianya

Senin, 21 Maret 2022 - 07:55 WIB
loading...
Mau Berkarier di Bank Indonesia? Catat 5 Kriterianya
Mau berkarier di BI? Catat 5 kriterianya. Foto/Ilustrasi.
A A A
JAKARTA - Fresh graduate yang tertarik bekerja di bidang keuangan pastinya tidak melewatkan Bank Indonesia (BI) sebagai incaran tempat kerja. Namun diterima di bank sentral Indonesia ini tentunya tidak mudah.

Recruitment Assistant Manager BI Dika Prasetya Putra berbagi tips untuk dapat berkarier di BI. Tips itu ia bagi dalam acara Airlangga Online Career Fair (AOCF).

Dika menjelaskan, untuk berkiprah di BI seseorang harus memiliki minimal lima value. Value itu tertuang dalam Nilai-Nilai Strategis (NNS) Bank Indonesia, yakni trust and integrity, professionalism, excellence, public interest, dan coordination and teamwork.

Baca: Rektor IPB Beberkan 3 Kunci agar Lulusan Bisa Menjadi Leader

Integritas Tinggi

Dika menyebut, karakter integritas tidak hanya tentang kejujuran, tetapi juga sikap konsisten sesuai dengan nilai dan kode etik. Menurutnya, karyawan BI harus memiliki komitmen dan juga loyalitas. Sehingga tidak mudah tergoda untuk menyelewengkan pekerjaan demi keuntungan pribadi.

“Jika kamu punya kriteria tersebut, itu akan jadi modal buat seorang karyawan untuk bisa diandalkan dan dipercaya, baik secara internal BI maupun eksternal,” ujarnya melansir laman resmi Universitas Airlangga (Unair), Senin (21/3/2022).

Profesional

Karyawan BI harus bisa bekerja dengan tuntas dan bertanggung jawab atas kompetensi yang baik. Sebagai bank sentral, menjadi karyawan BI bukan sesuatu yang mudah dilakoni. Bagaimanapun kondisinya harus siap bekerja di bawah tekanan dan senantiasa profesional dalam bekerja.

“Tentunya BI tidak membutuhkan orang yang suka berhenti di tengah jalan, suka melimpahkan tanggung jawab ke orang lain, dan bekerja atas dasar mood dan emosional,” tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2654 seconds (0.1#10.140)