PBSI UIN Jakarta Kembali Menggelar Pekan Apresiasi Sastra dan Drama Ketujuh

Senin, 21 Maret 2022 - 16:21 WIB
loading...
PBSI UIN Jakarta Kembali Menggelar Pekan Apresiasi Sastra dan Drama Ketujuh
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ( PBSI ) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Syahid) kembali menggelar Pekan Apresiasi Sastra dan Drama (Pestarama) ketujuh.

Sejak mengawalinya pada 2016 silam, Pestarama telah menjadi tonggak aktivitas dan identitas kebudayaan yang berkembang di lingkungan Ciputat, khususnya di UIN Jakarta . Bahkan, Pestarama telah mendapat banyak apresiasi positif dari para akademisi dan pegiat kebudayaan.



Terkhusus di edisi kali ini, Pestarama yang menginjak edisi ketujuh kalinya berkenan menyelenggarakan gelaran pesta kebudayaan dengan mengangkat tajuk utama “Membumi Bersama Wisran Hadi” di sepanjang pekan terakhir bulan ini.

Pestarama berniat menghadirkan kembali warisan kekaryaan Wisran Hadi di tengah masyarakat secara umum melalui beragam mata acara yang akan diselenggarakan di lingkungan kampus UIN Jakarta sepanjang 21-28 Maret 2022.

Sebagai salah satu tokoh sastra dan budaya yang penting, Wisran Hadi dan warisan kekaryaannya akan dimanifestasikan dengan sentuhan yang adaptif dan relevan dengan kondisi terkini.



Melaluinya, Pestarama akan menjawab kehausan masyarakat terkait aktivitas kebudayaan dengan menyelenggarakan pementasan teater naskah-naskah karya Wisran Hadi, pameran dokumentasi jejak dan karya Wisran Hadi, webinar nasional, diskusi buku sastra, sampai malam penganugerahan (doa bersama) sebagai bentuk penghargaan kepada perjalanan Wisran Hadi secara khusus, dan dunia kebudayaan nasional secara umum.

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegurusan (FITK), UIN Jakarta Dr. Sururin,M.Ag mengatakan, Pestarama tak hanya menjadi proses intelektual, melainkan juga telah berjasa mengenalkan tokoh-tokoh dalam bidang sastra dan budaya ke tengah masyarakat secara luas.

Memberikan pengalaman khusus yang relevan di abad XXI ini, mulai dari critical thinking, creativity, communication, sampai collaboration.

"Pestarama berhasil menjadi medium penyampaian pesan-pesan moral kepada generasi muda untuk terus produktif dalam berkreasi, serta memberikan inspirasi yang mencerdaskan dan mencerahkan.” Ujar Dr. Sururin,M.Ag dalam pemberian testimoni khusus mengenai Pestarama, Sabtu (19/3/2022).

Terkait pementasan teater yang akan digelar, naskah-naskah terbaik karya Wisran Hadi yang dipilih, meliputi Singa Podium, Makam Dipertuan, Nyonya-nyonya, Penjual Bendera, Nilam Sari, RoH, dan Salon Song.

Berbagai judul naskah tersebut akan dipentaskan secara bergerilya setiap hari dengan sajian khas adaptasi oleh mahasiswa-mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), UIN Jakarta.

Tak hanya berbentuk konvensional, melainkan juga menghadirkan bentuk dramatical reading di salah satu naskah. Selanjutnya, Pestarama juga menghadirkan pameran khusus yang akan menyajikan kumpulan dokumentasi karya dan jejak kekaryaan yang pernah ditelurkan Wisran Hadi di dunia kebudayaan.

Pameran khusus yang dirancang secara apik ini menjadi pelengkap yang khas dan dapat dinikmati selama pagelaran Pestarama.

Tak hanya itu, Pestarama juga menghadirkan sesi webinar nasional dengan tajuk “Merawat Jati Diri Bangsa di Era Disrupsi Melalui Karya Sastra.” Melaluinya, Pestarama mengajak seluruh mahasiswa, akademisi, pegiat sastra dan budaya, sampai masyarakat umum untuk turut berdiskusi bersama.

Selain itu, Pestarama juga membangun narasi solutif yang digali melalui dunia sastra dan karya-karyanya untuk menjawab tantangan zaman yang semakin erat berjalan beriringan dengan potensi disruptif.

Bersama dengan pembicara-pembicara kompeten di bidangnya, mulai dari Dede Pramayoza, M. Yoesoef, Firman Venayaksa, Abdul Wachid, sampai Sastri Sunarti, webinar nasional akan dilaksanakan pada 21 Maret 2022 secara daring melalui kanal Zoom Cloud Meeting.

Selanjutnya, melanjutkan tradisi intelektual yang ada, Pestarama juga menghadirkan sesi bedah dan diskusi buku bersama salah satu sastrawan ternama. Mengangkat tajuk “Ngobook-Ngobook: Menangkap Sejarah dan Realitas Melalui Novel Laut Bercerita,” bersama penulisnya langsung, Leila S. Chudori, Pestarama akan menggelar diskusi santai dan terbuka untuk umum secara daring pada 22 Maret 2022 melalui kanal yang sama.

Pestarama juga dilengkapi dengan sesi acara panggung ekspresi. Digelar secara langsung pada 27 Maret 2022, di panggung sederhana ini nantinya Pestarama bersama komunitas-komunitas di lingkungan kampus akan menyuarakan ekpresi-ekpresi kesenian melalui musik, puisi, orasi, dll, untuk bersama-sama merawat dan menghidupkan kembali roda kebudayaan sesuai dengan tujuan diadakannya Pestarama sejak awal.

Kembali ke Wisran Hadi sebagai tajuk utama, rangkaian gelaran Pestarama akan ditutup dengan satu momen penganugerahan khusus kepada Wisran Hadi dalam bentuk doa dan testimoni bersama pada tanggal 28 Maret 2022.

“Pestarama selalu menjadi bagian penting dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, UIN Jakarta. Melalui Pestarama, civitas akademik bersatu dan bekerja sama mewujudkan kesuksesan rangkaian acara. Tak hanya itu, Pestarama memperlihatkan perjalanan intelektual kami terkait dengan sumbangsih kepada perkembangan bahasa dan sastra di Indonesia. Khusus tahun ini, mengangkat Wisran Hadi sebagai tajuk utama menuntun kita agar membicarakan ulang tradisi dalam kondisi kekinian,” Ujar Kepala Prodi PBSI UIN Jakarta, Makyun Subuki.

Merangkum usaha yang dilakukan, Pestarama kali ini tak hanya berjalan membawa tujuan untuk membumikan kembali Wisran Hadi beserta seluruh warisan kekaryaan yang telah dilahirkan agar kembali dikenal dan ditelaah secara intens di lingkungan kebudayaan, melampauinya berusaha menghidupan kembali melalui proses-proses serupa untuk tujuan membangun peradaban ke arah yang lebih baik sesuai dengan cita-cita luhur bangsa.

Untuk informasi terkait Pestarama secara lengkap, penyelenggara telah menyediakannya di laman media sosial resmi, Instagram, @pestarama.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2673 seconds (0.1#10.140)