Pelajar Indonesia Dominasi Penerima Malaysia International Scholarship pada Jenjang Pascasarjana

Rabu, 23 Maret 2022 - 18:31 WIB
loading...
Pelajar Indonesia Dominasi Penerima Malaysia International Scholarship pada Jenjang Pascasarjana
Suasana sesi networking Study in Malaysia 2022. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Malaysia merupakan salah satu pusat pendidikan global yang populer di kalangan pelajar internasional. Termasuk juga para pelajar dari Indonesia yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi .

Data dari Education Malaysia Global Services (EMGS), Indonesia kini berada di ranking kedua dalam daftar negara dengan permohonan tertinggi dari pelajar internasional pada 2021 hingga bulan Februari 2022. Lima negara yang mempunyai jumlah permohonan tertinggi lainnya adalah seperti China, Bangladesh, Nigeria dan India.

“Indonesia dan Malaysia juga telah menjalin hubungan kerjasama yang baik sejak dahulu, terutama dalam sektor pendidikan. Mayoritas dari penerima beasiswa Malaysia International Scholarship (MIS) juga terdiri dari pada pelajar-pelajar peringkat pascasarjana dari Indonesia,” jelas CEO EMGS Mohd. Radzlan bin Jalaludin melalui siaran pers, dikutip Rabu (23/3/2022).

Baca: Mengapa Lulusan Manajemen Industri Sangat Dibutuhkan Perusahaan? Ini Alasannya

Sehubungan dengan itu, untuk meningkatkan branding ‘Study in Malaysia’, EMGS dan Education Malaysia Indonesia (EMI) menjalankan sebuah program mobiliti untuk pelajar Indonesia pada awal 2022. Inisiatif ini, jelasnya, telah memberi peluang kepada 46 pelajar Indonesia untuk ikut serta dalam program mobiliti di Malaysia melalui program Kampus Merdeka.

EMGS juga telah menyertai World Education Expo 2022 Indonesia yang telah diadakan dari 16 hingga 19 Maret 2022 di Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Program ini juga berpeluang untuk menghubungkan 10 perwakilan institusi pendidikan tinggi di Malaysia dengan pelajar Indonesia serta orang tua mereka dalam mendapatkan informasi terkini untuk melanjutkan pendidikan di Malaysia.

Baca juga: Aulia Rachma, Wisudawan Terbaik UMM Ini Aktif Kegiatan Sosial dan Pengabdian

"Dengan kelonggaran prosedur operasi standard (SOP), EMGS bersedia untuk menyambut lebih banyak lagi pelajar internasional ke Malaysia khususnya pelajar dari Indonesia,” jelasnya.

Dia menambahkan, sebagai institusi yang berperan mempromosikan Malaysia sebagai pilihan utama pendidikan internasional, EMGS berharap inisiatif dan kunjungan ini dapat bermanfaat dan menghubungkan lebih banyak institusi pendidikan tinggi di Malaysia dengan pelajar internasional serta orang tua pelajar khususnya di Indonesia.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3150 seconds (0.1#10.140)