Bekali Masa Depan Pelajar, Pemprov Jabar Terapkan 3 Kurikulum Baru

Rabu, 23 Maret 2022 - 20:15 WIB
loading...
Bekali Masa Depan Pelajar, Pemprov Jabar Terapkan 3 Kurikulum Baru
Disdik Jabar resmi menerapkan 3 kurikulum baru sebagai bekal bagi masa depan peserta didik. Foto/Dok/Disdik Jabar
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat resmi menerapkan 3 kurikulum baru pada tahun ajaran 2022 ini, yakni kurikulum pendidikan antikorupsi, industri, dan kurikulum Jabar masagi.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi mengatakan, 3 kurikulum baru ini dinilai penting sebagai bekal bagi pelajar di Jabar.



Dedi menjelaskan, kurikulum industri yang akan diterapkan para pelajar di Jabar merupakan hasil kerja sama Disdik Jabar dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jabar.

"Yang pertama adalah peluncuran kurikulum industri. Jadi (kurikulum) ini yang sudah diramu bersama teman-teman dari Kadin. Ternyata kebutuhkan industri itu ada A, B dan C. Itu yang harus kita lindungi," ujar Dedi Supandi di SMK Mitra Industri MM2100, Bekasi, Rabu (23/3/2022).

Menurutnya, kurikulum industri memiliki 18 program, seperti teknik konstruksi dan perumahan, program desain pemodelan dan informasi bangunan, teknik kimia industri, teknik otomotif, teknik ketenagalistrikan, hingga teknik elektronika.



"Selain itu, ada pula nautika kapal penangkap ikan, nautika kapal niaga, agro teknologi pengolahan hasil pertanian, desain komunikasi visual, pengembangan perangkap lunak, teknik jaringan komputer, manajemen perkantoran dan layanan bisnis, akuntansi keuangan dan lembaga, busana, perhotelan, dan layanan pariwisata," paparnya.

Terkait kurikulum Jabar masagi, menurut Dedi, kurikulum ini lebih banyak kepada penguatan karakter dan budaya potensi lokal Jabar. Kurikulum Jabar Masagi ini akan mulai diterapkan di tahun ajaran 2022 dan 2023.

"Juli yang akan datang akan kita lakukan dan hari ini akan kita luncurkan sebagai bagian dari hasil penggalian budaya dan karakter masyarakat Jabar," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)