IPB-Unhan Jalin Kerja Sama di Bidang Farmakologi

Kamis, 31 Maret 2022 - 18:42 WIB
loading...
IPB-Unhan Jalin Kerja Sama di Bidang Farmakologi
IPB-Unhan menjalin kerja sama di bidang farmakologi. Foto/Dok/Humas IPB.
A A A
JAKARTA - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University melakukan kerja sama dengan Universitas Pertahanan (Unhan) dalam bidang farmakologi. Kerja sama ini bertujuan untuk menemukan pengganti bahan baku impor dalam industri terutama farmasi dan kosmetik dengan pendekatan sumber daya perikanan.

Penandatanganan kerja sama ini berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian. Skema kerja sama sesuai dengan meningkatkan dan menyelenggarakan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Melalui kerja sama ini, Unhan membuka empat fakultas dalam usaha kolaborasi di bidang farmasi.

Baca: Mahasiswa UI Borong 4 Juara di Asian Universities Alliance Youth Forum

Dekan FPIK IPB University Fredinan Yulianda menyampaikan, aspek pendidikan pada kerja sama ini melibatkan dosen dan mahasiswa dengan skema MBKM. Kegiatan tersebut dapat berupa kuliah tamu maupun pertukaran mahasiswa dengan menitikberatkan pada bela negara.

Sementara, aspek penelitian yang ingin dikembangkan yaitu saling membantu dalam mengeksplorasi senyawa kimia dan pengganti bahan impor dari sumber daya perikanan. Adapun aspek pengabdian menjadi jembatan untuk hilirisasi atau scale-up hasil penelitian yang dibawa ke industri.

Baca juga: Kisah Qotrun Nada, Anak Buruh Tani Berhasil Kuliah di UNY Tanpa Biaya

“Kerja sama ini diharapkan menjadi proses hulu dan hilir dari pengelolaan sumber daya perikanan, dimana FPIK IPB University menyediakan hulunya dan Unhan menyediakan hilirnya,” kata Fredinan, melalui siaran pers, Kamis (31/3/2022).

Selain itu, katanya, sumber daya perikanan yang diolah secara baik dapat menjadi kunci untuk menyelesaikan berbagai masalah di masyarakat seperti stunting pada balita.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4258 seconds (0.1#10.140)