Masih Bingung Pilih Prodi di SBMPTN? Begini Solusi dari Undip

Rabu, 06 April 2022 - 11:20 WIB
loading...
Masih Bingung Pilih Prodi di SBMPTN? Begini Solusi dari Undip
Masih bingung pilih prodi di SBMPTN? Ini Solusi dari Undip. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) 2022 masih dibuka hingga 15 April mendatang. Segera selesaikan pendaftaran dan mantapkan diri untuk memilih program studi (prodi) yang ingin ditempuh saat kuliah nanti.

Namun bagaimana jika para siswa masih banyak yang bingung dalam memilih program studi? Memang memilih program studi tidak semudah yang dibayangkan. Sementara program studi yang akan dipelajari di kuliah nanti akan membawa mahasiswa menuju ke dunia kerja. Pastinya akan ada banyak pertimbangan agar tidak salah pilih program studi tersebut.

Menurut Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Diponegoro (Undip) Prof Faisal, untuk memilih program studi yang tepat bagi siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi itu sebaiknya dilakukan dengan berdiskusi dengan orang tua. Hal ini penting, katanya, sebab pilihan program studi yang tepat akan menentukan kehidupan siswa di masa akan datang.

Baca: UI Sediakan 1.200 Komputer untuk UTBK SBMPTN 2022

“Sebagai contoh, Universitas Diponegoro telah menerapkan kurikulum berbasis outcome (OBE) dan Kampus Merdeka Belajar. 60 % lebih sistem pembelajaran didasarkan pada Project Based Learning dan studi kasus, sehingga para mahasiswa akan lebih didekatkan pada dunia nyata,” kata Prof Faisal, melansir laman resmi Undip, Rabu (6/4/2022).

Setelah lulus, lanjutnya, mahasiswa bisa meneruskan S2 atau S3, dengan catatan mereka nantinya menjadi peneliti atau dosen. Mereka juga bisa memilih menjadi pegawai, baik negeri maupun swasta. Namun bisa juga meneruskan usaha orang tua atau menjadi wirausahawan baru. Semua hal yang berhubungan dengan kebutuhan pasar kerja ini menjadi acuan utama sistem pembelajaran di perguruan tinggi.

“Semua tes, baik yang sifatnya nasional (SNMPTN dan SBMPTN), maupun yang dikelola universitas, yakni Ujian Mandiri, sifatnya adalah prediktif, artinya hasil tes menjamin calon mahasiswa tidak akan menemui kendala selama empat tahun belajar di perguruan tinggi. Caranya bagaimana? Cari informasi mengenai prodi yang ingin Saudara ambil dari web, diskusikan kurikulumnya dengan guru, orang tua atau kenalan yang lebih dahulu belajar di program studi perguruan tinggi tersebut”, pungkasnya.

Baca juga: UI Sediakan 9.300 Kursi untuk Mahasiswa Baru, Ini Jalur yang Dibuka

Untuk tahun ini Undip menyiapkan lebih dari 34.000 kursi untuk tes UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) 2022. Tersedia 2.200 pc atau komputer untuk pelaksanaan UTBK. Undip termasuk penyedia komputer terbanyak untuk pelaksanaan UTBK. Info lengkap untuk PMB Undip dapat diakses di laman pmb.undip.ac.id.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3003 seconds (0.1#10.140)