Mantab, Peringkat ITS Naik di QS WUR by Subject 2022

Kamis, 07 April 2022 - 08:01 WIB
loading...
Mantab, Peringkat ITS Naik di QS WUR by Subject 2022
Peringkat ITS naik di QS WUR by Subject 2022. Foto/Dok/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings ( WUR ) by Subject 2022 kembali merilis hasil pemeringkatan universitas dunia berdasarkan bidang keilmuan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) pun berhasil meningkatkan peringkatnya pada kategori Engineering & Technology.

Manajer Senior Urusan World Class University ITS Rulli Pratiwi Setiawan mengungkapkan, terdapat total 51 bidang keilmuan yang dikelompokkan dalam lima Broad Subject Areas, yaitu Art & Humanities, Engineering & Technology, Life Sciences & Medicine, Natural Sciences, dan Social Sciences & Management dalam QS WUR by Subject.

Dalam kriteria penilaian, dia menjelaskan, QS WUR by Subject untuk Broad Subject Area kali ini mempunyai lima indikator penilaian, yaitu Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Paper, H-Index Citations, dan International Research Network (IRN). “IRN merupakan indikator baru di tahun ini untuk Broad Subject Area,” katanya, melalui siaran pers, dikutip Kamis (7/4/2022).

Baca: Keren, IPB Naik ke Peringkat 41 Dunia Versi QS WUR by Subject 2022

Lebih lanjut, dosen Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS ini mengatakan, bobot masing-masing indikator pada QS WUR by Subject untuk Broad Subject Area bervariasi. Untuk kategori Engineering & Technology, bobot masing-masing indikator adalah 40 % untuk Academic Reputation, 30 % untuk Employer Reputation, 10 % untuk Citations per Paper, 10 % untuk H-Index Citations, dan 10 % International Research Network.

Dalam rilis QS WUR by Subject 2022, ITS berhasil menempati peringkat 277 untuk Broad Subject Area kategori Engineering & Technology. “Peringkat ini meningkat tajam dari hasil QS WUR by Subject 2021 sebelumnya, di mana ITS berada pada peringkat 401 – 450,” ungkap alumnus ITS ini.

Adapun untuk kategori Engineering & Technology terbagi dalam empat bidang keilmuan yang lebih spesifik (Narrow Subject Area), yaitu Computer Science & Information System, Mechanical Engineering, Electrical & Electronic, dan Chemical Engineering. “Pada keempat bidang keilmuan tersebut, ITS berhasil masuk dalam 500 besar QS WUR by Subject 2022,” ujarnya.

QS WUR by Subject dalam Narrow Subject Area mempunyai bobot penilaian yang berbeda untuk tiap indikator di masing-masing bidang keilmuan. Namun, untuk seluruh jenis bidang keilmuan yang ada dalam lingkup Engineering & Technology mempunyai bobot yang sama untuk tiap indikator, yaitu 40 % untuk Academic Reputation, 30 % untuk Employer Reputation, 15 % untuk Citations per Paper, dan 15 % untuk H-Index Citations.

Baca juga: Unpad Luncurkan Layanan Pelaporan dan Pendampingan Korban Kekerasan Seksual

Berdasarkan penilaian tersebut, pada bidang keilmuan Mechanical Engineering, ITS berhasil menduduki peringkat 301 – 350 dunia dan peringkat 2 di Indonesia, di mana peringkat ini naik dari tahun sebelumnya yang berada pada peringkat 351 – 400. Berada pada peringkat yang sama, Chemical Engineering berhasil kembali masuk peringkat setelah tahun lalu lepas dari pemeringkatan by Subject.

Kemudian pada bidang keilmuan Computer Science & Information System serta Electrical & Electronic, ITS berhasil meraih peringkat 351 – 400 di kedua bidang tersebut. Peringkat tersebut naik dibandingkan tahun lalu yang masing-masing hanya puas menduduki peringkat 401 – 450 dan 451 – 500.

Ke depannya, untuk dapat terus mempertahankan dan meningkatkan capaian ITS, membangun jejaring riset di level internasional adalah hal yang perlu ditingkatkan. “Selamat untuk ITS! Pencapaian ini merupakan apresiasi yang luar biasa terhadap semua hal yang telah dilakukan oleh sivitas akademika ITS,” pungkasnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)