Inovasi Sarang Lebah Buatan, Mahasiswa ITB Raih Perunggu di Asian Students Venture Forum

Kamis, 07 April 2022 - 08:59 WIB
loading...
Inovasi Sarang Lebah Buatan, Mahasiswa ITB Raih Perunggu di Asian Students Venture Forum
Tim mahasiswa ITB. Foto/Tangkap layar laman ITB.
A A A
JAKARTA - Meski pandemi menciptakan keterbatasan dalam perkuliahan namun semangat mahasiswa tak pernah surut untuk menghasilkan prestasi. Hal ini dibuktikan para mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung ( ITB ).

Empat mahasiswa School of Business and Management (SBM) ITB, yang tergabung dalam Tim I-Newbee, sukses meraih Bronze Medal untuk Indonesia dalam ajang Asian Students Venture Forum 2022.

Keempat mahasiswa tersebut, yaitu Alfinza Willys Alfarizi, Pujangga Reogavi, Afra Samantha, dan Satria Dwi Bagaskara, yang merupakan mahasiswa Kewirausahaan angkatan 2020.

Baca: VirtuoStroke Rancangan Mahasiswa UI Jadi Finalis Kompetisi Olimpiade Teknologi Dunia 2022

Asian Students Venture Forum merupakan lomba tahunan yang diadakan oleh Korea Economic Daily. Kompetisi business startup ini disemarakkan oleh berbagai negara di Asia, seperti Korea, China, Taiwan, Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, dan negara lain.

Konsep yang ditawarkan oleh tim mahasiswa dari I-Newbee ini sarat dengan teknologi, namun juga mengutamakan perencanaan bisnis yang menarik dan menjanjikan dari segi finansial.

Afra menjelaskan sistem lombanya. Mula-mula diadakan seleksi proposal dan video di kancah nasional. Setelah proses screening, hanya 2 tim yang dipilih untuk mewakili setiap negara. Indonesia sendiri mengirimkan delegasi dari ITB dan UI.

“Untuk tahun ini yang lolos hingga tahap final hanya ada 9 startup dari 5 negara. Puji syukur untuk tahun ini, kami berhasil menjadi satu-satunya delegasi Indonesia yang memulangkan medali,” tutur Afra, dikutip dari laman resmi ITB, Kamis (7/4/2022).

Ide yang mereka godok adalah Artificial Bee Hive atau sarang lebah buatan yang berfokus untuk membantu pengumpulan madu lebah Trigona menjadi lebih cepat dan membuat proses pemanenan madu menjadi lebih efisien.

Slim Hive adalah nama dari produk tim ini yang berbasis teknologi. Produk ini ditujukan untuk peternak lebah Trigona, baik yang masih pemula atau yang sudah ahli, karena produk ini dirancang dengan sistem yang mudah dan risiko yang minim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2856 seconds (0.1#10.140)