36 Jurnalis Raih Beasiswa S2 dari BRI Fellowship Journalism 2021

Sabtu, 09 April 2022 - 01:17 WIB
loading...
36 Jurnalis Raih Beasiswa S2 dari BRI Fellowship Journalism 2021
BRI memberikan beasiswa kepada para peraih BRI Fellowship Journalism 2021 secara simbolis di Jakarta, Kamis (7/4). Foto:Dok/BRI
A A A
JAKARTA - Sebanyak 36 jurnalis dari seluruh Tanah Air berhasil meraih beasiswa dalam program BRI Fellowship Journalism 2021. Lewat program itu, mereka berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana di perguruan tinggi negeri (PTN) pilihan.

Selama proses seleksi, ada lima tahap yang harus dilewati para peserta BRI Fellowship Journalism 2021 . Tahap pertama yaitu seleksi administratif. Pada tahap ini, ada 972 jurnalis yang mendaftarkan diri. Dari jumlah itu, ada sebanyak 187 jurnalis yang dinyatakan lulus.

Baca juga: Tertarik Kuliah di Jerman, 4 Beasiswa Ini Bisa Dimanfaatkan

Tahap berikutnya adalah seleksi karya jurnalistik. Dari 187 jurnalis yang dinilai karyanya, 58 di antaranya lulus. Selanjutnya, para peserta mengikuti tahap Journalist on Site.

Pada tahap ini, wartawan yang lulus ditugaskan untuk melakukan liputan di lingkungan 18 kantor wilayah (kanwil) selama dua bulan. Tema yang diliput berkaitan dengan dinamika usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19.

Tahap terakhir adalah penjurian. Di sini, seluruh karya hasil liputan peserta selama tahap Journalist on Site dinilai oleh para mentor dan juri yang ditunjuk BRI. Hasilnya, sebanyak 36 jurnalis dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa.

Baca juga: Calon Penerima KIP Kuliah Gagal di SNMPTN? Tenang, Masih Ada Peluang Lain

Dengan begitu, ke-36 jurnalis tersebut akan melanjutkan pendidikan ke jenjang magister (S2) di PTN yang mereka pilih, dengan minat dan jurusan yang sesuai dengan keinginannya.

“Selamat bagi para penerima beasiswa. Mereka adalah agen perubahan yang mengedukasi dan memotivasi publik, membangun semangat optimisme kebangkitan UMKM Indonesia,” kata Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto, Kamis (7/4/2022).

Aestika pun memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang mengikuti program tersebut. Bagi yang belum mendapatkan beasiswa, kata dia, tak perlu berkecil hati. Sebab karya-karya mereka sesungguhnya telah berbuah optimisme kebangkitan perekonomian Indonesia, khususnya terkait UMKM.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2591 seconds (11.252#12.26)