Mengenal Universitas Milik BUMN, Ada Telkom University hingga Universitas Pertamina

Rabu, 13 April 2022 - 10:48 WIB
loading...
Mengenal Universitas Milik BUMN, Ada Telkom University hingga Universitas Pertamina
Mengenal universitas milik BUMN. Foto/Dok/Humas Telkom University.
A A A
JAKARTA - Tahukah kamu jika Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga memiliki perguruan tinggi yang dikelola sesuai spesialisasinya? Mulai dari bidang telekomunikasi hingga perbankan pun ada universitasnya yang tergabung dalam Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN).

APERTI BUMN yang berdiri pada 2017 adalah perkumpulan perguruan tinggi yang berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara dan menjadi wadah bagi seluruh perguruan tinggi anggotanya untuk bersinergi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Mengutip dari laman resmi APERTI BUMN, perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN ini telah memiliki spesialisasi yang sangat dibutuhkan oleh dunia industri. Saat ini jumlah universitas yang tergabung di APERTI BUMN ada 9 perguruan tinggi.

Misalnya, IT PLN yang memiliki spesialisasi di bidang ketenagalistrikan, TEL-U di bidang teknologi informasi dan komunikasi, dan juga Universitas Pertamina di bidang energi.

Kemudian ada STIMLOG yang spesialis di bidang manajemen logistik, transportasi dan rantai pasok, UISI di bidang bisnis dan teknologi persemanan, serta Poltekpos di bidang logistik, supply chain management & e-commerce.

Baca: Pemerintah Patenkan 4 Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO, Salah Satunya Reog

Anggota APERTI BUMN juga ada ITTS yang memiliki keunggulan di bidang teknologi komunikasi dan BRI Institute di bidang teknologi keuangan digital (digital financial technology) dan technopreneurship.

Kelebihan yang sama-sama dimiliki oleh perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN ini adalah kedekatannya dengan industri, yang memungkinkan anggotanya berkolaborasi untuk mengimplementasikan konsep Triple Helix (Academic, Business, and Government).

Dalam ruang lingkup pendidikan, APERTI BUMN juga berkontribusi dalam bidang pendidikan bagi masyarakat kurang mampu di Indonesia dengan mekanisme pembiayaan CSR BUMN. CSR BUMN akan menjadi sangat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi. Hasilnya bahkan dapat dimanfaatkan oleh BUMN itu sendiri.

Manfaat lain dari kerja sama APERTI BUMN dengan BUMN diharapkan dapat menciptakan efisiensi dari sisi operasional pelaksanaan pendidikan, seperti dalam hal penyusunan kurikulum dan penyetaraan mata kuliah, pertukaran dosen, serta pemanfaatan fasilitas seperti laboratorium dan perpustakaan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1784 seconds (10.101#12.26)