Masih Bimbang Pilih Jurusan? Ini Saran dari Pakar Psikometri UNS

Kamis, 14 April 2022 - 16:49 WIB
loading...
Masih Bimbang Pilih Jurusan? Ini Saran dari Pakar Psikometri UNS
Pakar psikometri UNS beri saran untuk memilih jurusan. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Seleksi penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai sejak Januari 2022 lalu. Peserta didik kelas XII sudah menyiapkan diri untuk masuk ke perguruan tinggi . Namun, banyak juga yang masih bimbang dalam memilih jurusan.

Berkaitan dengan hal itu, Pakar Psikometri Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Moh. Abdul Hakim memberikan tips bagi calon mahasiswa dalam menentukan jurusan. Menurut Hakim, minat dan bakat memegang peranan yang sangat penting.

Dia membedakan definisi minat dan bakat. Minat adalah dorongan yang tinggi semacam motivasi atau ketertarikan dalam hal tertentu. Sementara itu, bakat adalah kemampuan seseorang yang lebih cepat dari teman sebayanya dalam melakukan suatu hal. Keserasian minat dan bakat ini akan menghasilkan renjana (passion).

Baca: Segera Daftar, Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 Besok Akan Ditutup

“Kunci menemukan passion itu kalau minat dan bakatnya selaras. Contoh saat kita memiliki minat di dunia sastra, misal kita sangat suka baca bukunya Ernest Hermingway. Lalu kita juga mudah menulis di bahasa Indonesia. Tulisanmu sering dapat pujian guru atau bahkan menang lomba. Di situlah titik temu antara minat dan bakatmu,” jelas Hakim, melansir laman resmi UNS, Kamis (14/4/2022).

Dosen yang kini menjabat sebagai Koordinator Bidang (Korbid) Penjaminan Mutu dan Pengembangan Naskah Soal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS tersebut mengatakan bahwa renjana sangat penting bagi seseorang. Renjana itu yang membuat seseorang dapat bertahan dan melanjutkan perjalanan di saat-saat yang berat.

Baca juga: Mendikbudrsistek Tegaskan, Beasiswa LPDP 2022 Juga Sasar Pelaku Seni dan Budaya

Selain minat dan bakat, beberapa hal perlu dipastikan oleh calon mahasiswa sebelum menentukan jurusan kuliah. Salah satu hal yakni menentukan bidang yang digeluti di masa depan. Hal ini perlu dipertimbangkan karena bidang tersebut akan digeluti dalam jangka waktu yang lama.

Hal penting lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih program studi (prodi) adalah kemampuan diri. Hakim menyarankan agar calon mahasiswa dapat mengenali kemampuan diri sebelum memilih prodi. Jangan sampai calon mahasiwa memilih prodi yang jauh di atas kemampuan diri karena akan menghambat perjalanan kuliah.

“Perlu diingat bahwa kunci kesuksesan itu tidak hanya di minat, tetapi minat ketemu bakat dan minat ketemu kemampuan. Jangan karena suka kedokteran tetapi kemampuannya kurang kemudian nekat ke kedokteran karena nanti bisa kesulitan. Lebih baik cari prodi yang minatnya masih sama tapi kemampuannya bisa seimbang dengan diri kita,” imbuhnya.

Hakim berharap hal ini dapat membantu para calon mahasiswa dalam menemukan prodi yang tepat. Saat ini, seleksi yang sedang berlangsung adalah pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Selain itu, UNS juga sedang membuka pendaftaran jalur Penelusuran Minat dan Keterampilan (PMDK) Vokasi UNS. Para calon mahasiswa diharapkan tidak salah memilih prodi saat mendaftar di berbagai jalur seleksi tersebut.
(nz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1829 seconds (10.177#12.26)