Keren Banget, Mahasiswa ITS Magang di Mercedes-Benz Inggris

Senin, 18 April 2022 - 12:08 WIB
loading...
Keren Banget, Mahasiswa ITS Magang di Mercedes-Benz Inggris
(Dari kiri) Brendon Mayombwe (mentor), Raja Rayhan Ramadhan, Muhammad Rakha Wirayuda, dan Denzel Owusu (mentor). Foto/Tangkap layar laman ITS.
A A A
JAKARTA - Mengikuti program magang dapat memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa tentang dunia kerja. Lebih menarik lagi jika tempat magang yang didapat ialah perusahaan besar di dunia industri. Hal inilah yang dialami oleh dua mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ).

Dua mahasiswa dari Departemen Manajemen Bisnis ITS itu yakni Muhammad Rakha Wirayuda dan Raja Rayhan Ramadhan. Mereka bertandang ke Inggris guna mengikuti program magang di Mercedes-Benz selama empat bulan.

Mereka berasal dari program International Undergraduate Program (IUP) ITS ini menuju Coventry University untuk menjalani magang di Mercedes Parts Logistic yang berlangsung di bawah skema United Kingdom-Indonesia Consortium for Interdisciplinary Sciences (UKICIS) Internship+. UKICIS sendiri merupakan jembatan kerja sama antara beberapa perguruan tinggi dari Indonesia dengan Inggris yang berfokus pada penggagasan riset.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Professor of Sustainability and Supply Chain Management Coventry University, Benny Tjahjono, program magang ini mampu memberikan banyak pengalaman bagi mahasiswa terutama karena adanya skema eksposur ke luar negeri.

“Kesempatan magang ini tentu dapat membantu mahasiswa untuk merasakan bagaimana atmosfer belajar sekaligus bekerja di Mercedes-Benz Parts Logistics,” paparnya, dilansir dari laman resmi ITS, Senin (18/4/2022).

Baca: Guru dan Dosen Ingin Kuliah S1-S3 Segera Daftar Beasiswa BPI Kemendikbudristek 2022

Guru besar mitra luar negeri ITS tersebut menjelaskan, sebagai dosen pembimbing kedua mahasiswa tersebut, Benny menerangkan bahwa kegiatan yang mereka lakukan selama magang sangat berkaitan erat dengan riset.

Dalam hal ini, kedua mahasiswa tersebut berhasil menjajal Robotic Process Automation, yakni program komputer yang bisa mengotomatisasi aktivitas komputerisasi manual terutama terkait pendataan logistik barang yang ada di gudang Mercedes-Benz Parts Logistics.

Tidak hanya itu, Benny lantas menambahkan bahwa pengalaman luar biasa yang juga dirasakan mahasiswa ITS selama empat bulan menjalani magang adalah menentukan keputusan bisnis dalam perusahaan berdasarkan data.

Hal ini dilakukan melalui dengan skema Business Intelligence dengan data yang diolah oleh program otomatisasi. “Mereka membuat laporan bisnis yang diproses dari Robotic Process Automation tersebut.” ujar Benny.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4503 seconds (0.1#10.140)