Mengenal SBM ITB, Dari Sejarah hingga Prospek Kerjanya

Selasa, 19 April 2022 - 15:33 WIB
loading...
Mengenal SBM ITB, Dari Sejarah hingga Prospek Kerjanya
Mengenal SBM ITB, Dari Sejarah hingga Prospek Kerjanya. Foto/Dok/Humas ITB.
A A A
JAKARTA - Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki prospek kerja menarik bagi calon mahasiswa yang ingin menjadi profesional muda di bidang bisnis. SBM ITB pun menawarkan program studi untuk jenjang sarjana hingga doktor .

SBM ITB sendiri didirikan pada 2003. Penamaan “Sekolah” dipilih untuk menandakan otonominya. SBM ITB memiliki wewenang penuh untuk mengambil keputusan di tingkat strategis dan operasional.

Kewenangan ini dapat berupa wewenang untuk mendirikan program studi baru atau menginisiasi hubungan internasional. Selain itu juga otonomi untuk bidang keuangan. SBM ITB juga berwenang mengembangkan kurikulum sendiri, program akademik, hingga agenda penelitian.

Sejarah

Melansir laman resmi Ruangguru, meski SBM ITB dibentuk 2003 lalu namun SBM ITB baru menerima mahasiswa pada 2004 dengan program sarjana Manajemen. Ada 115 mahasiswa pada saat itu yang menjadi angkatan pertama SBM ITB. Untuk memulai perkuliahan, SBM ITB menyiapkan beberapa kuliah inovatif seperti Integrated Business Experience, Management Practice, dan Community Service.

Setelah program S1 berjalan dengan baik, pada 2006 SBM ITB mulai mendirikan program Magister Ilmu Manajemen. Disusul dengan program Doktor Sains Manajemen yang berdiri pada 2008. Tak cukup dengan satu program studi, pada 2012 SBM ITB mendirikan satu program studi baru untuk jenjang Sarjana yaitu prodi Kewirausahaan.

Baca: Bidang Maritim Vokasi Dinilai Tingkatkan Pemulihan Ekonomi Pascapandemi

Akreditasi Internasional SBM ITB

Ada dua akreditasi tingkat internasional di bidang bisnis dan manajemen yang berhasil diraih oleh SBM ITB.

1. ABEST21
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)