Benahi Iklim Lingkungan Belajar, Nadiem Luncurkan Program RAN PIJAR

Rabu, 20 April 2022 - 15:41 WIB
loading...
Benahi Iklim Lingkungan Belajar, Nadiem Luncurkan Program RAN PIJAR
Mendikbudristek Nadiem Makarim meresmikan peluncuran RAN PIJAR. Foto/Dok/Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim meresmikan peluncuran Rencana Aksi Nasional Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja (RAN PIJAR). Hal tersebut guna memperbaiki iklim pembelajaran sekolah di masa pandemi Covid-19.

Nadiem mengatakan, pihaknya mendukung penuh RAN PIJAR sebagai kelanjutan dari Rencana Aksi Nasional Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja yang telah dilaksanakan pada 2017 sampai 2019.



"Kita berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan murid-murid kita melalui upaya pembenahan iklim lingkungan belajar,” ujar Nadiem dalam keterangan tertulis, Rabu (20/4/2022).

Menurut Nadiem, Rencana Aksi Nasional tersebut, nantinya akan menjadi acuan bagi kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan anak di usia sekolah.

“Di bidang pendidikan, aksi nasional ini akan mendorong peningkatan akses ke pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan keterampilan para pelajar sesuai dengan tuntutan zaman,” tuturnya.



Kendati demikian, Nadiem memohon kepada seluruh tenaga pemerintah terutama para pemangku kepentingan, untuk sama-sama menyukseskan RAN PIJAR sebagai bentuk mewujudkan merdeka belajar.

“Mari kuatkan kerja sama kita untuk mendukung Rencana Aksi Nasional Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja sebagai gerakan bersama mewujudkan cita-cita Merdeka Belajar,” ucap Nadiem.

Perlu diketahui, RAN PIJAR ini ditetapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi melalui Peraturan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Permenko PMK) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Rencana Aksi Nasional Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2623 seconds (0.1#10.140)